NEWS

Naik 91%, Startup Lokal Banjir Suntikan Modal US$3,8 Miliar

Sektor fintech, logistik, dan e-commerce paling dilirik.

Naik 91%, Startup Lokal Banjir Suntikan Modal US$3,8 MiliarIlustrasi startup/Dok. Who is Danny
04 October 2021
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan minat investor untuk menanamkan modalnya di perusahaan rintisan (startup) di Indonesia. Terbukti aliran investasi yang masuk ke startup berbasis teknologi/digital justru mengalami pertumbuhan signifikan. Bahkan, jumlah startup dan total pendanaan jauh lebih tinggi dari masa sebelum pandemi. 

Hal ini ditunjukkan pada riset yang dilakukan oleh perusahaan digital PR, Scale PR. Riset tersebut  mencatat, terdapat 104 startup Indonesia yang memperoleh pendanaan sepanjang semester 1 2021.Capaian ini meningkat 40,5 persen dari 74 startup dari periode yang sama pada tahun 2020. Di samping itu, meningkat 53 persen dari periode sama tahun 2019. 

Total pendanaan mencapai US$ 3,8 miliar

Ilustrasi angel investor/Dok. Elnur

Total pendanaan yang diperoleh 104 perusahaan berbasis teknologi tersebut mencapai US$3,8 miliar, naik 91 persen dibandingkan total pendanaan sebesar US$2 miliar di semester pertama tahun 2020. Valuasi pendanaan ini juga naik 216 persen dari US$1,2 miliar semester pertama tahun 2019. 

Sektor financial technology (fintech), logistik, dan e-commerce menjadi tiga sektor andalan dan paling banyak dilirik bagi investor. Hal ini terlihat dari besarnya jumlah startup dan pendanaan yang mengalir di sektor tersebut. 

J&T Express urutan teratas

Dok. Scale PR

Related Topics