NEWS

Terbaru! Ini 10 Orang Terkaya di Dunia Versi Forbes

Elon Musk di posisi puncak daftar orang terkaya di dunia.

Terbaru! Ini 10 Orang Terkaya di Dunia Versi Forbesilustrasi Elon Musk (dok.reuters)
22 January 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Majalah bisnis Amerika, Forbes, telah merilis peringkat orang terkaya di dunia pada Januari 2024, menggambarkan peta kekayaan global di awal tahun ini. Meskipun beberapa miliarder mengalami penurunan nilai kekayaan bersih, peringkat sepuluh orang terkaya tidak mengalami perubahan yang signifikan dibandingkan dengan bulan sebelumnya, Desember 2023.

CEO sekaligus pembuat mobil listrik Tesla, Elon Musk masih bertengger di posisi puncak. Menyusul para miliarder lainnya dalam daftar orang terkaya di dunia pada Januari 2024. Berikut ini daftar selengkapnya.

10 orang terkaya di dunia versi Forbes pada Januari 2024

1. Elon Musk

Orang terkaya di dunia pada Januari 2024 adalah Elon Musk, CEO Tesla dan pemilik saham di perusahaan luar angkasa SpaceX dan media sosial X (sebelumnya Twitter). Meski kekayaannya turun sekitar 1,35 persen menjadi US$227,8 miliar, Musk tetap menjadi tokoh inovatif dalam industri mobil listrik dan eksplorasi luar angkasa.

2. Bernard Arnault 

Bernard Arnault, CEO LVMH, memimpin industri barang mewah dengan merek-merek seperti Louis Vuitton dan Christian Dior. Meskipun mengalami penurunan kekayaan sebesar US$4,9 miliar, keberadaannya sebagai pemimpin dalam industri mode dan kecantikan tetap tak tergoyahkan.

3. Jeff Bezos

Pendiri Amazon, Jeff Bezos, yang pernah menjadi CEO perusahaan e-commerce terbesar di dunia, masih berada di posisi ketiga dalam daftar orang terkaya di dunia. Meskipun mengundurkan diri dari jabatannya, kekayaannya turun 0,82 persen menjadi US$174 miliar, mencerminkan dampak Amazon di dunia perdagangan elektronik.

4. Larry Ellison

Larry Ellison, taipan di balik Oracle, tidak hanya mencetak keberhasilan di dunia perangkat lunak tetapi juga berinvestasi dalam perusahaan seperti Tesla. Meski mengalami penurunan kekayaan sebesar 0,26 persen, total kekayaannya tetap mengesankan dengan angka US$134,9 miliar.

5. Mark Zuckerberg

Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, melampaui Bill Gates dan Warren Buffett sebagai orang terkaya kelima di dunia. Meskipun beberapa miliarder mengalami penurunan kekayaan, Zuckerberg mencatatkan surplus sekitar 0,24 persen, membuktikan dominasinya dalam dunia media sosial dengan kekayaan mencapai US$130,2 miliar.

6. Bill Gates

Bill Gates, pendiri dan eks-CEO Microsoft, telah berada di antara individu terkaya di dunia selama 25 tahun, mulai dari 1995 hingga 2017, dengan beberapa pengecualian singkat pada tahun 2008 dan dari 2010 hingga 2013. Selain itu, ia memiliki sejumlah investasi di beragam perusahaan. Pada tanggal 18 Januari 2024, nilai kekayaannya mencapai US$120 miliar.

7. Warren Buffett

Dikenal sebagai 'Oracle of Omaha,' Warren Buffett menjadi salah satu investor terbesar dalam sejarah. Ia memimpin Berkshire Hathaway, sebuah konglomerat investasi dengan portofolio yang beragam, termasuk perusahaan asuransi Geico dan produsen baterai Duracell. Kekayaan bersihnya saat ini mencapai US$119,2 miliar dan masuk dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes.

8. Larry Page

Larry Page, salah satu pendiri Google pada tahun 1998 dan mantan CEO dari tahun 2011 hingga 2015, saat ini menjabat sebagai anggota dewan direksi Alphabet, perusahaan induk Google. Total kekayaannya diperkirakan mencapai US$118,7 miliar.

9. Steve Ballmer

Steve Ballmer, seorang teman sekelas Bill Gates di Universitas Harvard, juga pernah menjabat sebagai CEO Microsoft dari tahun 2000 hingga 2014. Selain itu, Ballmer terlibat dalam berbagai investasi, termasuk di NBA dan sebagai pemilik klub bola basket Los Angeles Clippers. Kekayaan bersih Steve Ballmer saat ini mencapai US$115,4 miliar.

10. Sergey Brin

Sergey Brin menduduki peringkat kesepuluh dalam daftar orang terkaya versi Forbes pada Januari 2024. Ia adalah salah satu pendiri Google bersama Larry Page. Pada bulan Desember 2019, Brin mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Presiden Alphabet, perusahaan induk Google, tetapi tetap sebagai pemegang saham pengendali dan anggota dewan. Kekayaan bersihnya mencapai US$113,8 miliar.

Itulah daftar orang terkaya di dunia pada Januari 2024. Meski kekayaan mereka mengalami fluktuasi di tengah situasi ekonomi global, tetapi tokoh-tokoh tersebut masih mempertahankan laju bisnis dan kekayaannya. Sebagai informasi, total kekayaan kesepuluh orang terkaya di dunia mencapai hampir US$1,47 triliun per 18 Januari 2024.

Related Topics