Comscore Tracker
NEWS

Tiga Srikandi di Daftar Orang Terkaya di Indonesia 2021

Hartanya berjumlah fantastis, bahkan hingga Rp21,5 triliun.

Tiga Srikandi di Daftar Orang Terkaya di Indonesia 2021Marina Budiman, Kartini Muljadi, dan Arini Subianto

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Forbes kembali merilis data 50 orang sebagai orang terkaya di Indonesia. Menariknya, dari jumlah itu hanya tiga wanita saja yang masuk ke dalam daftar tersebut dengan harta yang mencapai puluhan triliun rupiah. 

Siapa saja mereka? Berikut daftar wanita terkaya di Indonesia versi Forbes yang dirangkum Fortune Indonesia, Jumat (17/12).

1. Marina Budiman

Marina menempati posisi 30 dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia dengan harta US$1,5 miliar atau kisaran Rp21,5 triliun. Dirinya menjabat sebagai Presiden Komisaris PT DCI Indonesia.

Mengutip laman DCI Indonesia, Jumat (17/12), Marina adalah lulusan University of Toronto, Kanada. Pada tahun 1989, dirinya menjadi Project Manager Sigma Cipta Caraka dan menjadi CFO perusahaan pada tahun 2000.

Selanjutnya, pada tahun 1994 ia mendirikan Indo Internet (Indonet), provider internet pertama di Indonesia, bersama rekannya Toto Sugiri. Pada tahun 2011, Marina bersama Toto Sugiri mendirikan PT DCI Indonesia.

PT DCI Indonesia diketahui bergerak di bidang layanan data cloud. Sejak melantai di Bursa Efek Indonesia pada awal Januari, saham perusahaan dengan kode DCII ini meroket 9.400 persen, dari yang awalnya Rp420 per saham saat IPO menjadi Rp39.500 per saham.

Marina Budiman menambah panjang daftar pengusaha wanita yang masuk dalam daftar orang terkaya RI versi Forbes. Sebelumnya, daftar itu hanya diisi oleh Arini Subianto dan Kartini Muljadi.

2. Arini Subianto

Anak sulung pengusaha Benny Subianto ini memulai karier pada tahun 1998. Kiprahnya di dunia bisnis dimulai dengan mendirikan toko suvenir di kawasan Blok M, Jakarta Selatan. Setelah ayahnya meninggal, Arini mewarisi kerajaan bisnis Benny.

Dia memimpin seluruh unit usaha di bawah naungan PT Persada Capital Investama yang menggarap beberapa sektor industri, mulai dari perkebunan, pertanian, konstruksi, properti, pertambangan, hingga pelayanan kesehatan. Salah satu sumber pendapatannya adalah dari Adaro Energy Tbk, perusahaan pertambangan dan produsen batu bara besar di Indonesia.

Arini menempati posisi 44 dari daftar 50 orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan mencapai US$975 juta atau Rp14 triliun.

3. Kartini Muljadi

Mengutip laman Forbes, Kartini adalah panglima perusahaan farmasi terbesar di Indonesia, Tempo Scan Pacific. Dirinya juga dikenal sebagai pengacara dan mantan hakim yang memiliki firma hukum Kartini Muljadi & Rekan.

Perempuan berusia 90 tahun ini menempati posisi terakhir dalam 50 daftar orang terkaya di Indonesia dengan nilai kekayaan US$695 juta atau Rp10 triliun.

Related Articles