Comscore Tracker
NEWS

Bidik Potensi Wisata Danau Toba, AirAsia Buka Rute Jakarta-Silangit

Penerbangan dilayani 3 kali sepekan dengan pesawat A320.

Bidik Potensi Wisata Danau Toba, AirAsia Buka Rute Jakarta-SilangitIndonesia AirAsia membuka penerbangan perdana Jakarta-Silangit.

by Ekarina

Jakarta, FORTUNE - Indonesia AirAsia membuka rute penerbangan Jakarta-Silangit, Sumatera Utara mulai 2 September 2022. Upaya ini merupakan salah satu strategi perseroan memulihkan kinerja penerbangan dengan memanfaatkan potensi pariwisata destinasi prioritas, Danau Toba. 

CEO Capital A, Tonny Fernandes, mengatakan dalam dua tahun terakhir, industri penerbangan menghadapi situasi yang sangat sulit. Adanya penerbangan perdana ini diharapkan membuka konektivitas domestik ke kawasan wisata, sejalan komitmen perusahaan terhadap sektor pariwisata dan pemberdayaan masyarakat sekitar. 

Danau Toba sebagai destinasi super prioritas memiliki potensi besar dan terbuka untuk ditawarkan kepada wisatawan lokal dan internasional. Wilayah ini memiliki potensi dan keunikan atraksi, pengalaman, kekayaan keanekaragaman hayati, budaya hingga cara hidup masyarakat.

Indonesia adalah salah satu destinasi yang paling populer dan penting, bagi AirAsia. Oleh sebab itu, perusahaan senang dapat ikut mempromosikan dan mendukung tujuan pariwisata dengan mendatangkan turis ke Indonesia.

"Melalui langkah ini, rute Selangit akan menjadi salah satu destinasi besar yang mendukung pemulihan AirAsia," katanya di Siborong-borong, Sumatera Utara, Jumat (2/9).

AirAsia akan melayani penerbangan Jakarta - Silangit tiga kali dalam sepekan menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 penumpang.

Potensi pasar rute Jakarta-Silangit

Direktur Utama Indonesia AirAsia, Veranita Yosephine Sinaga mengaku tak khawatir dengan prospek industri penerbangan saat ini. Termasuk dalam membuka rute baru, perusahaan telah melakukan assesment sesuai riset pasar.

"Kami melihat potensi (layanan penerbangan) ini besar. Kami percaya bisa mengembangkannya secara bersama-sama, melalui kolaborasi," katanya.

Menurutnya, AirAsia mendukung pengembangan destinasi wisata di Indonesia secara menyeluruh. Tak hanya melalui penambahan rute, tetapi mendorong kerja sama promosi produk pariwisata dan ekonomi kreatif, pengembangan pendidikan hingga pemberdayaan masyarakat sekitar.

Salah satu kolaborasi produk wisata dan ekonomi kreatif dituangkan dalam kerja sama Indonesia AirAsia dan Toba Tenun.Perusahaan maskapai ini akan membantu promosi produk Tobatenun pada penerbangan AirAsia maupun platform AirAsia lainnya termasuk pada badan pesawat.

Berdiri sejak 2018, Tobatenun merupakan wirausaha sosial yang membantu kegiatan pemberdayaan sosial kepada masyarakat terutama kaum perempuan dan pembuat tenun Batak beserta ekosistemnya di sejumlah desa di Sumatera Utara. 

Kerja sama ini diharapkan bakal mendorong kesadaran masyarakat akan nilai produk kreatif tradisional berbasis masyarakat yang mengedepankan wawasan sustainability, environmental friendly dan fair trade.

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Indonesia AirAsia dan Tobatenun dilakukan pada 3 September 2022 oleh Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine Sinaga dan CEO Tobatenun Kerri Na Basaria.


 

Related Articles