NEWS

Kementan Beberkan Alasan Tak Beri Bulog Izin Impor Daging Kerbau

Hanya PT Berdikari dan PT PPI yang mendapatkan izin impor.

Kementan Beberkan Alasan Tak Beri Bulog Izin Impor Daging KerbauPekerja menata daging beku impor asal India yang tiba di New Priok Container Terminal One (NCPT1), Jakarta, Sabtu (5/3/2022). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU.
03 April 2024

Fortune Recap

  • Kementerian Pertanian menolak izin impor daging kerbau untuk tahun 2024.
  • Hanya PT Berdikari dan PT PPI yang mendapatkan izin impor daging berdasarkan keputusan pemerintah.
  • Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner menyarankan agar Bulog fokus membantu petani dalam negeri daripada impor daging kerbau.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Kementerian Pertanian (Kementan) angkat suara terkait keluhan Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi yang tidak mendapatkan izin Impor Daging kerbau tahun ini.

Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Ditjen PKH Kementan Syamsul Ma'arif mengatakan, sesuai hasil Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) yang dikoordinasikan oleh Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada 28 Maret 2024, diputuskan bahwa izin impor daging hanya diberikan kepada PT Berdikari dan PT PPI.

"Jadi begitu keputusan pemerintah selaku regulator," kata Syamsul dalam keterangan tertulisnya, dikutip Rabu (3/4).

Syamsul mengatakan, saat ini Bulog menanggung beban berat. Untuk menyerap hasil panen jagung dan gabah petani saja tidak sanggup, sehingga keputusan itu diharapkan tidak semakin menambah beban perusahaan.

“Importasi jutaan ton beras saat ini sepertinya belum maksimal. Begitu pula serap jagung masih macet. Sebaiknya fokus bisnisnya membantu petani dalam negeri. Toh impor daging kerbau juga dilakukan oleh BUMN juga,” kata dia.

Related Topics