NEWS

Apa itu OECD, Organisasi Global yang Bakal Diikuti Indonesia?

Hingga saat ini OECD beranggotakan 38 negara.

Apa itu OECD, Organisasi Global yang Bakal Diikuti Indonesia?Menko Airlangga Hartarto. (Tangkapan layar)
14 August 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Indonesia akan menjadi anggota Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). Hingga saat ini OECD beranggotakan 38 negara yang terdapat di Amerika Utara dan Selatan hingga Eropa dan Asia-Pasifik.

“Beberapa waktu lalu, kami sudah bertemu dengan Secretary General of OECD, Mathias Cormann, untuk membahas terkait persiapan Indonesia untuk bersiap mempelajari agar bisa masuk keanggotaan OECD. Responsnya sangat positif dan Indonesia sekarang jadi key partner. Artinya, setiap meeting OECD kita diundang,” ujar Airlangga dalam acara Indonesia Data and Economic Conference, yang dituangkan dalam keterangan tertulis, pada Juli lalu.

Dia optimistis Indonesia akan menjadi negara ketiga di Asia yang masuk keanggotaan OECD setelah Korea Selatan dan Jepang. Menurut Airlangga, apabila menjadi anggota OECD Indonesia bisa menerapkan standar yang tinggi dalam seluruh proses legislasi, baik dalam proses pembentukan perundangan hingga jenis regulasi.

Jika nantinya Indonesia resmi menjadi anggota OECD, Airlangga meyakini kinerja perekonomian nasional akan turut terdongkrak. Sebab, OECD nantinya dapat membantu Indonesia merumuskan kebijakan ekonomi yang tepat.

Apa itu OECD?

OECD adalah organisasi internasional yang mempromosikan koordinasi kebijakan dan kebebasan ekonomi di antara negara-negara maju. OECD awalnya bernama Organisation for European Economic Co-operation (OEEC) yang didirikan pada 1948 untuk memantau kontribusi Amerika Serikat dan Kanada.

Kemudian, OECD dibentuk pada 1961 dan beranggotakan negara-negara, seperti Amerika Serikat; negara-negara di Eropa Barat; Jepang; Kanada, Australia; dan Selandia Baru. Sejak saat itu, OECD berkantor pusat di Paris, Prancis.

Anggota OECD pun diperluas pada dekade 1990-an dengan masuknya Meksiko, Korea Selatan, dan negara-negara Eropa Timur. Dalam beberapa tahun terakhir, India, Brasil, Cina, dan India juga mendukung agenda kerja OECD.

Apa misi dan fokus utama OECD?

Misi OECD adalah untuk mempromosikan kebijakan yang akan meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial masyarakat di negara maju. Tujuan utama OECD adalah untuk meningkatkan perekonomian global dan mempromosikan perdagangan dunia. Hal ini memberikan jalan keluar bagi pemerintah dari berbagai negara untuk bekerja sama mencari solusi.

Fokus utama OECD adalah membantu pemerintah di seluruh dunia mencapai tujuan berikut:

  • Meningkatkan kepercayaan pada pasar dan lembaga yang membantunya berfungsi;
  • Memperoleh keuangan publik yang sehat untuk mencapai pertumbuhan ekonomi berkelanjutan pada masa mendatang;
  • Mencapai pertumbuhan melalui inovasi, strategi ramah lingkungan, dan keberlanjutan ekonomi berkembang; dan
  • Menyediakan sumber daya bagi orang-orang untuk mengembangkan keterampilan yang mereka butuhkan untuk menjadi produktif.

Related Topics