NEWS

Sambut Libur Nataru, Astra Infra Rampungkan Pelebaran Tol

Astra Infra memiliki 8 konsesi jalan tol sepanjang 396 km.

Sambut Libur Nataru, Astra Infra Rampungkan Pelebaran TolJalan Tol Tangerang-Merak milik Astra Infra Group. (Dok. Istimewa)
17 November 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Menyambut masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), PT Astra Tol Nusantara (Astra Infra) menyelesaikan semua proyek dan perbaikan pada segmen tol yang dikelola. 

Dari total 396 kilometer jalan tol yang dioperasikan, dua ruas tol yang menjadi fokus  perseroan selama periode Nataru, yaitu Tol Tangerang-Merak dan Tol Cikopo-Palimanan. 

Chief Operating Officer Astra Infra Group Billy Perkasa Kadar, menyatakan bahwa ada dua aspek persiapan yang dilakukan perusahaan menjelang Nataru. Pertama berkaitan dengan kondisi fisik jalan tol. Kedua, terkait dengan koordinasi antara para pelaku yang terlibat dalam pengelolaan jalan tol.

"Terkait dengan persiapan fisik, tentunya kami memastikan bahwa semua pekerjaan jalan tol terkait dengan pelebaran lajur, terkait dengan pembuatan interchange, terkait renovasi maupun rekonstruksi atau perbaikan jalan itu sudah selesai," kata Billy dalam Workshop Wartawan Industri Astra di Jakarta, Jumat (17/11).

Jalan Tol Tangerang-Merak, Astra Infra telah menyelesaikan pembangunan interchange. Begitu pula pelebaran jembatan Ciujung dan pelebaran lajur ketiga untuk menambah kapasitas di ruas Cikande-Serang Timur KM 52-72.

"Jadi jalur ketiga yang kami lebarkan itu di Cikande-Serang Timur yang sudah selesai September 2023. Ini penting buat arus yang menuju ke Sumatera," ujarnya.

Pelebaran jalur tol menuju Jawa bagian timur

Sedangkan untuk jalan tol Cikopo-Palimanan, Astra Infra sudah melakukan pelebaran lajur ketiga mulai dari KM 72 hingga KM 86, serta pelebaran di rest area. Ruas ini biasa dilalui oleh para pemudik untuk ke wilayah timur Jawa.

Perihal koordinasi pada pelaksanaan arus mudik maupun Nataru, Astra Infra bekerja sama dan berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan dan Korlantas.

"Kami sudah mulai dari dua bulan terakhir untuk melakukan koordinasi, sehingga pengaturan lalu lintas di jalan tol lebih baik," ujarnya. 

Billy mengungkapkan, anak usaha Grup Astra ini masih membuka berbagai ekspansi ke depan, maupun pembangan proyek-proyek baru untuk memanfaatkan peluang yang ada saat ini. 

"Astra infra selalu aktif mencari peluang untuk tumbuh sehingga jika ada peluang kita explore dan kita lihat serta hitung agar kita bisa tambah peluang," ujarnya. 

Astra Infra saat ini mengoperasikan delapan konsesi jalan tol sejauh 396 kilometer, yakni jalan tol Pandaan-Malang, Surabaya-Mojokerto, Jombang-Mojokerto, Semarang-Solo, Cikopo-Palimanan, Ulujami-Kebon Jeruk, Kunciran-Serpong, Tangerang-Merak.

Related Topics