NEWS

Harga Cabai Meroket di Pasaran, Badan Pangan: Pasokan Anjlok 30%

Sebanyak 100 ton cabai merah akan dikirim ke Jakarta.

Harga Cabai Meroket di Pasaran, Badan Pangan: Pasokan Anjlok 30%Pedagang di Pasar Mandonga, Kendari, Sulawesi Tenggara, sedang menunjukkan cabai yang harganya sedang naik, Senin (28/2). (ANTARAFOTO/Jojon)

by Eko Wahyudi

13 June 2022

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE- Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi buka suara perihal lonjakan harga cabai rawit merah di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Ia menyebut pasokan cabai turun 20–30 persen, akibat sumber panen di daerah sentra produksi mulai berkurang seiring tingginya curah hujan.

Ia menjelaskan, saat ini sumber cabai rawit merah yang termurah ada di Sulawesi Selatan dengan harga di tingkat petani kisaran Rp50.000 hingga Rp55.000 per kilogram.

“Oleh karenanya Badan Pangan akan fasilitasi distribusi logistik untuk suplai pasokan cabai dari petani atau Gapoktan asal Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan ke pasar induk di Jakarta dan sekitarnya, antara lain Pasar Induk Kramat Jati, Pasar Induk Tanah Tinggi, Pasar Induk Cibitung,” kata Arief dalam keterangan tertulis, Senin (13/6).

Pihaknya berencana memasok 100 ton cabai ke Jakarta untuk menambah pasokan dan menstabilkan harga. Adapun estimasi pengiriman akan dilakukan pada pekan depan. “Ada 5-10 ton cabai per harinya yang akan dikirim ke Jakarta,” ujarnya.

Dengan demikian, diharapkan harga cabai rawit merah ditingkat konsumen atau eceran bisa diintervensi menjadi kisaran Rp60 ribu-Rp65 ribu per kilogram. Harga rata-rata cabai rawit merah di Jakarta saat ini yang mencapai Rp100 ribu-Rp120 ribu per kilogram.

Bawang merah juga diintervensi

Pedagang membersihkan kulit bawang merah di pasar tradisional Kota Lhokseumawe, Aceh, Rabu (8/6/2022). ANTARA FOTO/Rahmad/rwa.

Selain cabai, Badan Pangan Nasional juga juga akan memfasilitasi distribusi bawang merah dari petani asal Kabupaten Bima dan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Untuk harga beli di tingkat petani berada di kisaran Rp30ribu - 36 ribu per kilogram. Nantinya, bawang merah tersebut akan dikirim ke Pasar-pasar Induk di Jabodetabek.

“Bawang merah akan dilakukan suplai pasokan ke Jabodetabek sekitar 500 ton atau 40 ton per hari,” katanya.

Jadi, kata Arief, harga bawang merah diharapkan akan stabil di eceran Jakarta kisaran Rp40 ribu - 45 ribu per kilogram. Untuk harga bawang merah saat ini masih di kisaran Rp55 ribu per kilogram

Akan libatkan beberapa pihak terkait

Harga cabai merah dan bawang merah beberapa hari ini melonjak.ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/wsj.