NEWS

Bos Apple ke RI Bahas Investasi, Menperin: Ya, Mudah-mudahan

TKDN akan disesuaikan untuk muluskan investasi Apple.

Bos Apple ke RI Bahas Investasi, Menperin: Ya, Mudah-mudahanMenteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat ditemui di kantornya, Selasa (16/4). Eko Wahyudi/FORTUNE Indonesia
16 April 2024

Fortune Recap

  • Menteri Perindustrian merespons rencana kedatangan CEO Apple Tim Cook ke Indonesia pada Rabu (17/4).
  • Pemerintah Indonesia telah lama berkomunikasi dengan Apple tentang rencana penanaman modal; Agus berharap Apple dapat segera merealisasi investasinya.
  • Salah satu kebijakan yang bakal disesuaikan untuk memuluskan investasi Apple ke Indonesia berkenaan dengan penghitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) pada ponsel.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Menteri PerIndustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita merespons rencana kedatangan CEO Apple, Tim Cook, ke Indonesia pada Rabu (17/4).

Dia mengatakan pemerintah Indonesia telah lama berkomunikasi dengan Apple mengenai rencana penanaman modal tersebut. Saat ditanya tentang kemungkinan Investasi di Indonesia, dia menyatakan harapan bahwa Apple dapat segera merealisasinya.

"Ya mudah-mudahan. Kalau sama Apple kami sudah bicara. Sudah cukup lama kami bicara. Ada kebijakan. Ini saya tidak mengatakan kebijakan khusus, tapi ada kebijakan yang kami keluarkan untuk Apple," kata Agus saat ditemui di kantornya, Jakarta, Selasa (16/4).

Dia mengatakan salah satu kebijakan yang bakal disesuaikan untuk memuluskan investasi Apple ke Indonesia berkenaan dengan penghitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) pada ponsel.

Saat ini, kebijakan tersebut telah diatur dalam Peraturan Menteri Perindustrian No.29/2017 tentang Ketentuan dan Tata Cara Penghitungan Nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri Produk Telepon Seluler, Komputer Genggam, dan Komputer Tablet.

Ada pasal dalam beleid itu yang menyatakan bahwa investasi di atas Rp550-700 miliar akan memperoleh TKDN 30 persen.

Sejauh ini, Apple telah mendirikan Apple Developer Academy di setidaknya tiga lokasi, yakni BSD, Surabaya, dan Batam. Ribuan siswa telah lulus dari program ini dan berkarier di banyak perusahaan.

"Mereka berkomitmen, dan mereka wajib untuk membentuk infrastruktur pendidikan di Indonesia, dan mereka sudah membentuk 3. Sudah mau 4, yang disebut dengan Apple Academy," ujar Agus.

Related Topics