NEWS

Gejala Cacar Monyet, Cara Mencegah, dan Mengobatinya

Ada temuan kasus cacar monyet di DKI Jakarta.

Gejala Cacar Monyet, Cara Mencegah, dan MengobatinyaIlustrasi: cacar monyet atau monkeypox. (Dok.123RF)
18 October 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengonfirmasi satu kasus monkeypox alias cacar monyet di DKI Jakarta. Penderitanya tidak memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri, meskipun surveilans masih berlangsung untuk menentukan apakah ada kontak erat dengan pelancong internasional.

Pasien tersebut mengalami gejala demam dan luka.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pernah menjadikan cacar monyet sebagai kedaruratan kesehatan global (PHEIC), tetapi status tersebut dicabut pada pertengahan Mei 2023.

WHO tetap mengingatkan semua negara untuk tetap waspada terhadap penyakit ini. Upaya pencegahan, deteksi dini, surveilans, perawatan, dan komunikasi risiko kepada masyarakat harus terus dilakukan.

Cacar monyet menular kepada manusia melalui kontak langsung dengan hewan atau individu yang terinfeksi. Penularan juga bisa melalui benda yang terkontaminasi oleh virus tersebut.

Virus cacar monyet bisa memasuki tubuh melalui kulit yang terluka atau terbuka, saluran pernapasan, atau melalui selaput lendir pada mata, hidung, atau mulut. Penularan melalui droplet juga mungkin terjadi, meskipun biasanya memerlukan kontak erat yang berlangsung dalam waktu yang lama.

Gejala awal cacar monyet

Pada dasarnya, gejala awal cacar monyet mirip dengan gejala cacar lainnya. Perbedaan utamanya adalah cacar monyet menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening.

Gejala biasanya muncul dalam 7-14 hari setelah terinfeksi. Namun, dalam beberapa kasus, gejala juga bisa muncul 5-21 hari setelah paparan. Berikut beberapa gejala awal lainnya:

  • Sakit kepala berat
  • Demam
  • Sakit punggung
  • Lemas 
  • Nyeri otot
  • Mual dan muntah (terutama yang terkena langsung dari gigitan hewan)
  • Pembengkakan kelenjar getah bening, dilanjutkan kemunculan muncul ruam-ruam pada kulit

Pencegahan cacar monyet

Laman resmi Siloam Hospital memberitakan upaya pencegahan yang dapat dilakukan saat ini adalah dengan pemberian vaksin cacar Jynneos, yang tingkat efektivitasnya 85.

FDA pada 2019 telah secara resmi menyetujui pemanfaatan vaksin tersebut untuk mencegah penyakit cacar (smallpox) sekaligus cacar monyet. Namun, sejauh ini, vaksin Jynneos hanya disetujui untuk diberikan pada populasi dewasa di atas 18 tahun.

Related Topics