NEWS

Jasa Marga Caplok Sebagian Saham WIKA di Jalan Tol Kunciran-Cengkareng

JSMR jadi pemilik saham mayoritas Tol Kunciran-Cengkareng.

Jasa Marga Caplok Sebagian Saham WIKA di Jalan Tol Kunciran-CengkarengTol Jakarta-Tangerang. ANTARA FOTO/Fauzan
by
30 June 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperkuat posisi kepemilikan saham mayoritas di Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran. Perseroan telah meneken akta jual beli atas 2,1 persen saham milik PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) di PT Jasamarga Kunciran Cengkareng yang merupakan pengelola ruas tersebut.

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menjelaskan, Jasa Marga telah berdiskusi secara intens dengan WIKA dan menyepakati untuk melanjutkan proses transaksi jual beli. Hal ini tentunya memberikan manfaat kepada semua pihak. 

“Dalam rangka mengoptimalkan portofolio bisnis perusahaan, ini merupakan aksi korporasi Jasa Marga dengan mengambil alih 3.468.497 lembar saham atau setara 2,10 persen porsi saham yang dimiliki oleh WIKA di PT JKC,” ujar Subakti dalam keterangannya, Rabu (29/6).

Penandatanganan Akta Jual Beli (AJB) Saham PT JKC antara Jasa Marga dengan WIKA tersebut dilakukan pada Rabu (29/6) di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta. Penandatanganan AJB Saham dilakukan oleh Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur dan Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito di hadapan Notaris Karin Christiana Basoeki. 

Jasa Marga kuasai 78,53 persen saham Jalan Tol Kunciran-Cengkareng

Direktur Utama Wijaya Karya Agung Budi Waskito mengapresiasi kesepakatan yang dicapai antara kedua perusahaan. Menurutnya, Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran telah menjadi catatan penting bagi perseroan dalam menjalankan peran ganda, baik pada aspek penyertaan modal pada PT JKC, serta terlibat sebagai kontraktor pelaksana sampai dengan proyek tersebut selesai.

“Hal ini tentu menjadi fondasi yang baik dalam mensukseskan misi pembangunan dan penyediaan jasa jalan tol di Indonesia,” ungkap Agung 

Sebelumnya, kepemilikan saham di PT JKC terdiri dari Jasa Marga sebesar 76,43 persen, Synergy Quest International Ltd. sebesar 21,01 persen, WIKA sebesar 2,10 persen, PT Nindya Karya (Persero) sebesar 0,32 persen, dan PT Istaka Karya (Persero) sebesar 0,14 persen. 

Dengan adanya penandatanganan pembelian saham ini, maka kepemilikan saham Jasa Marga di PT JKC menjadi sebesar 78,53 persen.

Akses Jalan Tol Cengkareng-Kunciran

Ilustrasi ; sejumlah kendaraan melintas (ANTARA FOTO/Fauzan)

Related Topics