NEWS

Ketahui Syarat dan Cara Mengirim Paket ke Luar Negeri

Ada beberapa pertimbangan.

Ketahui Syarat dan Cara Mengirim Paket ke Luar NegeriOpsi logistik. (Pixabay/Geralt)
by
23 May 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Mengirim paket ke luar negeri dapat menjadi tugas menantang dan membutuhkan perencanaan yang baik. Dalam era globalisasi ini, banyak orang yang perlu mengirim barang ke teman, keluarga, atau pelanggan di negara lain.

Namun, proses pengiriman internasional melibatkan berbagai pertimbangan, mulai dari memilih metode pengiriman yang tepat hingga mematuhi persyaratan bea cukai. Dalam artikel ini, akan dibahas langkah yang perlu diperhatikan saat mengirim paket ke luar negeri.

Sebelum membahas cara mengirim paket ke luar negeri, ada beberapa terkait hal tersebut yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu. Berikut pembahasannya.
 

Syarat mengirim paket ke luar negeri

Sebelum mengetahui cara mengirimnya, terdapat beberapa persyaratan yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu, yaitu:

  • Berat barang tidak lebih dari 100 kg netto untuk satu kali pengiriman. Jika melebihi 100 kg netto, maka akan diberlakukan ketentuan umum dalam bidang impor.
  • Pengiriman produk makanan, minuman dan obat-obatan harus mendapatkan izin BPOM
  • Pengiriman barang elektronik seperti ponsel dan komputer tablet maksimal 2 unit
  • Pengiriman tumbuhan, hewan, serta ikan harus mendapatkan izin pemasukan dari Badan Karantina

Cara mengirim paket ke luar negeri

Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan bila ingin mengirim paket ke luar negeri. Adapun langkah-langkahnya adalah:

1. Persiapkan barang yang akan dikirim

Cara pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan barang yang akan dikirim. Pastikan Anda mengemasnya dengan baik dan benar. Anda sebaiknya menyesuaikan kemasan dengan ketentuan yang telah ada.

Pastikan paket Anda dikemas dengan baik dan aman. Gunakan kotak yang kuat dan bahan pengaman, seperti gelembung udara atau kertas koran, untuk melindungi isi paket dari kerusakan selama pengiriman. Pastikan juga untuk melabeli paket dengan jelas dan mencantumkan alamat penerima dan pengirim dengan benar. Hal ini dikarenakan kemasan paket ini akan mempengaruhi proses pengiriman ke luar negeri.

2. Memilih jasa ekspedisi yang tepat

Ada banyak jasa pengiriman internasional yang dapat Anda gunakan, seperti DHL, FedEx, UPS, atau pos nasional di negara Anda. Lakukan penelitian untuk membandingkan harga, waktu pengiriman, dan layanan yang ditawarkan oleh setiap jasa pengiriman.

Pastikan Anda memiih perusahaan yang profesional dalam melayani kirim barang ke luar negei dengan sistem yang baik.

3. Kunjungi kantor jasa pengiriman

Bawa paket Anda ke kantor jasa pengiriman yang Anda pilih. Berikan informasi yang diperlukan, seperti alamat tujuan, metode pengiriman, dan informasi pembayaran. Petugas akan membantu Anda dalam proses pengiriman dan memberikan informasi tentang estimasi biaya dan waktu pengiriman.

Jika Anda tidak punya waktu untuk datang secara langsung, saat ini sudah ada banyak perusahaan ekspedisi yang menawarkan jasa penjemputan.

Anda hanya perlu menghubungi customer service dan beritahukan alamat penjemputan barang dengan benar. Namun, untuk bisa menggunakan layanan ini, Anda harus membayar biaya tambahan kirim barang ke luar negeri.

Setelah informasi pengiriman Anda diproses, Anda akan diberikan tagihan biaya pengiriman. Anda dapat membayar biaya tersebut sesuai metode pembayaran yang ditawarkan oleh jasa pengiriman.

4. Simpan resi pengiriman paket

Setelah membayar biaya pengiriman, Anda akan menerima bukti pengiriman, seperti tanda terima atau nomor pelacakan (tracking number). Pastikan Anda menyimpan bukti ini dengan baik untuk referensi dan melacak status pengiriman paket Anda.

Gunakan nomor pelacakan yang diberikan oleh jasa pengiriman untuk melacak status pengiriman paket Anda. Anda dapat melacaknya melalui situs web atau aplikasi jasa pengiriman yang Anda gunakan. Ini memungkinkan Anda memantau posisi dan perkembangan pengiriman paket sampai tiba di tujuan.

Pastikan untuk memeriksa persyaratan dan regulasi yang berlaku di negara asal dan tujuan sebelum mengirim paket ke luar negeri. Juga, perhatikan bahwa biaya pengiriman dan prosedur dapat bervariasi tergantung pada negara tujuan dan jasa pengiriman yang Anda pilih.

Related Topics