NEWS

LRT Jabodebek Bakal Beroperasi Agustus 2022, Ini Harga Tiketnya

LRT Jabodebek akan beroperasi pukul 05.45 WIB - 23.00 WIB.

LRT Jabodebek Bakal Beroperasi Agustus 2022, Ini Harga TiketnyaTampilan LRT Jabodebek. (Dok. PT KAI)
by
08 February 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - LRT Jabodebek ditargetkan beroperasi pada Agustus 2022, dan rencananya akan beroperasi mulai pukul 05.45 WIB hingga pukul 23.00 WIB. Jam pelayanan tersebut untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam mengawali aktivitas di pagi hari sampai menjelang tengah malam. Harga tiketnya yang semula Rp12 ribu menjadi Rp15 ribu.

Sampai dengan Januari 2022, progres LRT Jabodebek sudah mencapai 78,78 persen.  KAI juga akan melakukan pengecekan atau perawatan setelah jam operasional maupun secara berkala untuk menjamin keselamatan perjalanan LRT Jabodebek.

Waktu tempuh LRT Jabodebek

Pada saat beroperasi, headway atau waktu antara satu rangkaian dengan rangkaian lain LRT Jabodebek pada 3 lintas pelayanannya sangat singkat. Headway pada lintas pelayanan 1 antara Harjamukti - Cawang dan lintas pelayanan 3 Jatimulya - Cawang hanya 6 menit, bahkan lintas pelayanan 2 Cawang - Dukuh Atas hanya 3 menit.

Singkatnya headway LRT Jabodebek dipengaruhi oleh sistem Communication-Based Train Control (CBTC) yang digunakan. Sistem ini dapat mengoperasikan kereta dan memproyeksikan jadwal secara otomatis disertai supervisi dari pusat kendali operasi.

Dapat melayani 114 ribu pelanggan per hari

KAI berencana mengoperasikan hingga 27 trainset LRT Jabodebek per hari, dengan 1 rangkaian terdiri dari 6 kereta. Dengan demikian, akan terdapat 560 perjalanan LRT Jabodebek yang akan melayani 114 ribu pelanggan per hari.

Dalam kondisi normal, 1 trainset LRT Jabodebek berkapasitas 740 pelanggan dengan konfigurasi 174 duduk dan 566 berdiri. Namun jika kondisi padat, LRT Jabodebek dapat menampung 1.308 pelanggan.

Terdapat 18 stasiun yang akan dilewati LRT Jabodebek yaitu Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jatimulya.

“Saat ini stasiun-stasiun tersebut sedang dalam tahap pemasangan sistem ticketing dan fasilitas yang ada di stasiun seperti lift, eskalator, tangga manual, toilet, PSD (Platform Screen Door), announcer di stasiun dan di dalam kereta otomatis yang dikendalikan dari pusat, hingga ruang pemeriksaan kesehatan untuk menunjang kenyamanan pelanggan,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya, Selasa (8/2)..

Related Topics