NEWS

Luhut Beberkan Tugasnya Kawal Investasi Apple di IKN dan Sektor Lain

Jalan Apple untuk investasi di Indonesia akan semakin mulus.

Luhut Beberkan Tugasnya Kawal Investasi Apple di IKN dan Sektor LainMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat Summit Panel Discussion bertajuk Sustainable Resource Management for Economic Growth, pada B20 Summit Indonesia 2022 di Nusa Dua, Bali, Senin (14/11). (Media Center G20)
18 April 2024

Fortune Recap

  • Menteri Luhut Binsar Pandjaitan ditugaskan oleh Presiden Jokowi sebagai koordinator investasi Apple Inc di IKN Nusantara dan sektor lainnya.
  • Apple tertarik untuk berinvestasi di Indonesia, terutama dalam bidang artificial intelligence (AI) di IKN, Bali, dan Solo.
  • Tim Cook berjanji akan menanamkan modalnya di Indonesia karena melihat potensi pasar yang besar dan kondisi ekonomi yang stabil.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan tugas anyar dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi koordinator investasi Apple Inc di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan sektor lainnya.

"Presiden (Jokowi) memerintahkan saya untuk segera merespons rencana mereka mau investasi dalam jumlah yang cukup besar di Indonesia. Dia (Tim Cook) sangat tertarik dengan IKN, itu juga yang menarik. Dia bilang, kami (Apple) mau investasi, terutama dalam bidang artificial intelligence (AI) di IKN," kata Luhut lewat video singkat yang diunggah ke akun Instagram @luhut.pandjaitan, Kamis (18/4).

Luhut ikut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan dengan CEO Apple Inc. Tim Cook pada Rabu (17/4) di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Selain di IKN, Luhut juga mengeklaim Apple tertarik mendirikan AI Center di Bali dan Solo.

Dari hasil pertemuan tersebut, Luhut menyebut, Bos Apple itu dapat melihat pasar Indonesia yang potensial, ditambah dengan adanya bonus demografi hingga 2030. Dia mengatakan dengan populasi yang melimpah hingga 282 juta orang, pertumbuhan ekonomi yang stabil, bagusnya aspek makroekonomi, serta inflasi yang baik.

Berdasarkan sederet aspek tersebut, Luhut mengeklaim, Tim Cook berjanji akan menanamkan modalnya di Indonesia. “Ini harus kita kapitalisasi. Dia (Apple) mau investasi di Indonesia, dia memerintahkan staff-nya untuk segera follow up,” ujarnya.

Related Topics