Comscore Tracker
NEWS

Luhut Berhasil Bujuk, Elon Musk Akan Temui Jokowi pada 14 Mei 2022

Luhut dan rombongan sowan ke pabrik Tesla milik Elon Musk.

Luhut Berhasil Bujuk, Elon Musk Akan Temui Jokowi pada 14 Mei 2022Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan rombongan bertemu Elon Musk di Pabrik Tesla, Austin, Texas. (Instagram : Anindya Bakrie).

by Eko Wahyudi

Jakarta, FORTUNE - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan rombongan bertemu langsung dan membahas sejumlah isu penting dengan CEO Tesla Inc. Elon Musk, termasuk menjajaki kembali peluang kerja sama dengan Indonesia.

Dalam sebuah video singkat, Luhut mengatakan bahwa tim dari Elon Musk akan ke Indonesia untuk melakukan tinjauan. Direncanakan, Elon Musk pada 14 Mei 2022 juga akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di SpaceX. “Semoga pada saat setelah kunjungan Elon dan tim, kami dapat mengumumkan sesuatu,” kata Luhut seperti dikutip dalam video yang diterima Fortune Indonesia, Selasa (26/4).

Setelah pertemuan tersebut, Elon Musk pun menyatakan ketertarikannya untuk investasi di Indonesia. Dia mengatakan, akan ke Indonesia dan melihat potensi besar itu dengan matanya sendiri. “Saya sangat bersemangat tentang masa depan dan saya pikir ini adalah sejumlah besar kesempatan di Indonesia,” ujarnya.

Dalam kunjungannya Luhut ditemani oleh beberapa orang seperti Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Rosan Roeslani, Pandu Patria Sjahrir, mantan CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin, yang sekarang telah menjabat penasihat khusus di sektor teknologi Kemenko Marves, dan Anindya Bakrie, yang dikenal sebagai Ketua Umum Dewan Pertimbangan Kadin dan Direktur Utama PT Bakrie & Brothers Tbk. (BNBR).

Ada Kopiko antara Luhut dan Elon Musk

Dalam pertemuan yang digelar di Gigafactory Tesla di Austin, Texas, Amerika Serikat, waktu setempat, penampilan Elon Musk sangatlah santai.

Jika Menko Luhut dan rombongan mengenakan jas, Elon hanya mengenakan kaus oblong hitam dengan bawahan celana jin.

Disela-sela pertemuan, Luhut pun terlihat membagikan satu bungkus permen kopi buatan Indonesia, Kopiko. Permen produk PT Mayora Indah Tbk (MYOR) tersebut seperti menjadi sebuah cenderamata untuk Elon.

Tujuan Luhut bertemu Elon Musk

Anindya Bakrie dalam akun instagramnya menulis jika tujuan pertemuan tersebut adalah untuk meyakinkan Tesla menjajaki kerja sama dengan Indonesia dalam penyediaan dan pemrosesan nikel sebagai bahan baku Battery Cell yang berlandaskan ESG (Environment, Social, dan Governance).

Selain itu, Luhut dan rombongan juga memaparkan program G20/B20, termasuk mengundang Elon Musk untuk bergabung ke International Advisory Caucus B20 dan hadir di acara B20 pada pertengahan November 2022.

"Hari ini rupanya hari yang baik buat beliau karena rencana akuisisi Twitter sebesar US$44 Miliar diterima oleh board perusahaan tersebut, sehingga beliau akan memiliki perusahaan yang salah satu pengguna terbesarnya adalah Indonesia. Pantas beliau dalam mood yang bagus dan seru," tulis Anindya.

Related Articles