NEWS

8 Negara Penghasil Timah Terbesar di Dunia, Indonesia Peringkat Kedua

Pada 2021, konsumsi timah global mencapai 390,9 ribu ton.

8 Negara Penghasil Timah Terbesar di Dunia, Indonesia Peringkat KeduaDok. PT Timah Tbk
10 May 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana untuk menghentikan kegiatan ekspor timah, khususnya yang berbentuk balok hasil pemurnian (timah ingot) pada akhir 2022. Hal itu sebagai tindak lanjut atas arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membangun hilirisasi serta industri berbasis energi baru terbarukan (EBT).

Rencana larangan ekspor timah oleh Indonesia otomatis akan mempengaruhi stok di dunia. Sebab, Indonesia merupakan salah satu produsen timah terbesar sejagat.

Pada 2021, konsumsi timah global mencapai 390,9 ribu ton, yang 48 persennya digunakan sebagai solder pada industri elektronik, dan 17 persen sebagai timah kimia untuk keperluan industri keramik, kaca, dan lainnya.

Berdasarkan ringkasan komoditas mineral yang diterbitkan U.S. Geological Survey pada Januari 2021, terdapat negara-negara yang memproduksi timah. Berikut ini daftar negara penghasil timah terbesar di dunia pada 2021.

1. Cina

Produksi pertambangan timah Cina pada 2021 mencapai 91 ribu ton. Pada tahun sebelumnya, Negeri Tirai Bambu ini memproduksi timah hingga  84 ribu ton. Artinya, jika dibandingkan 2020, produksi timah Cina mengalami pertumbuhan 8,33 persen.

Cadangan timah milik Cina saat ini mencapai 1,1 jut ton. Itu menjadikannya sebagai negara penghasil timah terbesar di dunia.
 

2. Indonesia

Produksi tambang timah di Indonesia pada 2021 mencapai 71 ribu ton. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, produksi timah Indonesia hanya 53 ribu ton, yang artinya mengalami peningkatan 33,96 persen.

Adapun untuk cadangan timah Indonesia yang telah diketahui, angkanya 800 ribu ton.

Related Topics