Comscore Tracker
NEWS

Pemerintah Genjot Penyaluran Minyak Goreng Curah ke 10 Ribu Titik

Saat ini ada 1200 titik penyaluran minyak goreng curah.

Pemerintah Genjot Penyaluran Minyak Goreng Curah ke 10 Ribu TitikMenteri Perdagangan Muhammad Lutfi saat meninjai implementasi MigorRakyat di Jakarta Timur, Selasa (17/5).

by Eko Wahyudi

Jakarta, FORTUNE - Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, mengenalkan Program MigorRakyat 14 Ribu untuk mempermudah distribusi minyak goreng curah melalui transaksi digital aplikasi Warung Pangan kepada masyarakat.

Program ini, kata Lutfi, sudah tersebar di 1.200 titik di Jawa dan Sumatera. “Kita maunya ketersediaan dan keterjangkauan dari minyak goreng curah dan harganya khusus,” kata Lutfi saat ditemui di bilangan Jakarta Timur, Selasa (17/5).

Program itu akan diperluas ke 10 ribu titik di seluruh Indonesia pada tahap pertama. Melalui aplikasi digital yang disiapkan pemerintah, masyarakat diklaim bisa langsung mendapatkan minyak goreng curah.

Lutfi mengatakan program MigorRakyat sudah berjalan sebelum Lebaran dan saat ini sedang dikebut untuk mencapai target 10 ribu titik. Ia menekankan program itu hanya diperuntukkan bagi toko atau ritel tradisional di kawasan padat permukiman. Titik pasarnya pun akan ditentukan oleh Kementerian Perdagangan.

“Kami memilih pasar atau ritel tradisional yang dekat kepadatan penduduk. Kami harapkan ini akan mengurai antrean dan memperbaiki sistem distribusi minyak goreng curah dengan harga Rp14 ribu,” katanya.

Program MigorRakyat merupakan hasil kerja sama antara pabrik minyak goreng dan holding BUMN Pangan, ID Food. Pemerintah, kata Lutfi, berfokus pada ketersediaan dan keterjangkauan minyak goreng sampai harga dan pasokannya stabil.

Akan berbasis identitas

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Oke Nurwan, mengatakan Program MigorRakyat ini menekankan pada transaksi eceran langsung kepada penerima manfaat, yaitu kelompok masyarakat berpendapatan rendah.

Implementasi dilaksanakan oleh pelaku usaha minyak goreng menggunakan teknologi aplikasi digital untuk memastikan penjualan migor curah Rp14.000 per liter tepat sasaran. Para pengecer akan melakukan penjualan kepada masyarakat sebanyak 1 atau 2 liter per hari berbasis kartu identitas atau KTP.

“Daftar lokasi penjualan (titik jual) Program MigorRakyat yang menggunakan platform Gurih Indomarko dan Warung Pangan IDFood dapat diakses oleh siapa saja. Saat ini sudah ada 1.200 lokasi yang tersebar di lima provinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Sumatra Utara, dan Sulawesi Utara. Dalam waktu dekat, jumlahnya akan menjadi 10.000 lokasi di seluruh Indonesia,” kata Oke.

Bagaimana kelanjutan larangan ekspor CPO?

Terkait pembukaan keran ekspor CPO kembali, Lutfi mengatakan pihaknya masih berfokus untuk mendorong distribusi minyak goreng curah ke seluruh Indonesia. “Jadi kita fokusnya soal ketersediaan dan keterjangkauan minyak goreng curah. Begitu itu stabil, mudah-mudahan stabil pada kesempatan pertama, nanti baru bicara kita soal relaksasi ekspor (CPO) tersebut,” ujarnya.

Saat ini, kata Lutfi, program Minyak Goreng Rakyat sudah tersebar di 1.200 titik sejak dilaksanakan sebelum Lebaran.
“Kita akan mempercepat ini dulu. Mudah-mudahan minggu depan sudah 5.000 titik dan minggu selanjutnya 10.000 titik pada kesempatan pertama. Nanti dari situ kita bicarakan semuanya,” ujar Lutfi.
 

Related Articles