NEWS

PUPR Mau Perbaiki dan Perlebar Jalur Alternatif Puncak Bogor

Direncanakan bakal rampung pada Desember 2023.

PUPR Mau Perbaiki dan Perlebar Jalur Alternatif Puncak BogorMenteri PUPR Basuki Hadimuljono saat memberikan sambutan Infrastructure Connect 2022 Jakarta International Expo, Rabu (23/11).
21 September 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memerintahkan perbaikan dan pelebaran jalan pada ruas Sukamakmur-Sukawangi dan ruas Mengker Gunung Batu—yang menjadi jalur alternatif wisatawan menuju Puncak Bogor, Jawa Barat—menjadi enam meter agar dapat dilalui kendaraan dengan lebih baik.

"Jika ingin meningkatkan potensi wisata di kawasan di Kecamatan Sukamakmur,...maka jalannya juga harus lebih baik. Untuk itu, harus dilebarkan dengan standar sekitar 5,5 hingga 6 meter," kata Basuki dalam keterangan yang dikutip Kamis (21/9).

Di Jawa Barat, kata Basuki, ada 15 ruas jalan yang akan dibangun, dan di antaranya terletak di Kabupaten Bogor. Semua direncanakan akan selesai pada Desember 2023, termasuk ruas jalan yang barusan disebut di muka.

Perbaikan jalan daerah yanga rusak tersebut tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah. Perbaikannya telah dimulai secara serentak di seluruh wilayah Indonesia sejak akhir Juli 2023. 

Jumlah panjang jalan dan jembatan yang perlu diperbaiki di seluruh Tanah Air mencapat 2.800 kilometer jalan raya dan 2.300 meter jembatan.

Bakal mengurangi beban kendaraan di kawasan puncak

Kemacetan di jalur utama Puncak, Kabupaten Bogor, pada saat Libur Hari Raya Nyepi, Kamis (3/3).
Kemacetan di jalur utama Puncak, Kabupaten Bogor, pada saat Libur Hari Raya Nyepi, Kamis (3/3). (ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya)

Anggota Komisi V DPR RI, Mulyadi, mengatakan proyek pembangunan jalan di Kecamatan Sukamakmur diharapkan dapat mengurangi kepadatan volume kendaraan di kawasan Puncak Bogor, apalagi ketika terjadi libur panjang.

Selain jalan menjadi lebih lancar, Mulyadi mengatakan akses tersebut diharapkan bakal memeratakan ekonomi hingga ke pedesaan. Pembangunan jalan ini direncanakan untuk berlangsung hingga 2024 dan menjangkau sampai Kecamatan Citeureup.

“Kami akan terus mengawal pembangunannya,” kata Mulyadi.

Nilai proyek pengerjaan jalur alternatif Puncak Bogor

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta–Jawa Barat, Brawijaya, mengatakan nilai proyek perbaikan dan pelebaran ruas Sukamakmur–Sukawangi mencapai Rp38,96 miliar, dengan kontraktor penggarap PT Hutama Prima. Panjang penanganannya mencapai 6,64 kilometer.

"Sedangkan untuk ruas Mengker Gunung Batu pekerjaannya dilaksanakan oleh PT Bengkel Konstruksi Mandiri dengan nilai kontrak Rp14,94 miliar sejak 30 Agustus 2023 dengan pekerjaan berupa rekonstruksi jalan sepanjang 2,93 kilometer," kata Brawijaya.

Related Topics