NEWS

Stok Daging Akhir Tahun Kosong, Berdikari Minta Kuota Impor Tambahan

Berdikari telah mendapat izin impor 20 ribu ton untuk 2022.

Stok Daging Akhir Tahun Kosong, Berdikari Minta Kuota Impor TambahanPedagang daging menunggu calon pembeli di PD Pasar Jaya Kramat Jati, Jakarta, Minggu (27/2/2022).ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.
by
05 September 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Berdikari (Persero) mengajukan tambahan kuota impor daging sapi karena stok yang dimiliki perseroan akan habis pada November 2022.

“Kita realisasi importasi daging 2022 dari Brasil, yang (impor daging) 20 ribu ton sudah abis,” kata Direktur Utama Berdikari, Harry Warganegara, dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR, Senin (9/5).

Jika tak kunjung mendapat penugasan importasi daging, kata Harry, pada 2023 perusahaan tidak mempunyai stok daging untuk menstabilkan harga di pasar. Dia pun telah menyampikan permintaan tambahan kuota impor ini kepada Kementerian BUMN.

Namun, Harry tidak mengungkapkan jumlah kuota tambahan yang diinginkan.

Bila berkaca pada penugasan sebelumnya, Berdikari mendapat izin impor daging sapi Brasil pada akhir kuartal I-2021 sebanyak 20 ribu ton. Kemudian, daging sapi itu butuh waktu dua bulan untuk masuk ke Indonesia sejak izin impor disetujui. Daging didatangkan secara bertahap hingga Oktober 2022.

Akibat adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Harry menyebut banyak sapi dalam negeri terpaksa dipotong dini. Akibatnya, stok daging lokal perusahaan selama dua bulan ke belakang mengalami kelebihan pasokan.

Kedati demikian, dia mengatakan akan ada lonjakan permitaan daging pada akhir tahun, yang dikhawatirkan akan melambungkan harga daging domestik jika stoknya tidak memadai. “Ini akan besar (permintaan), kalau tidak diimbangi penugasan sapi Brasil,” ujarnya.

Penambahan penyuplai daging dari Brasil

Selain penambahan kuota impor, perusahaan juga meminta kepada Kementerian Pertanian untuk menambahkan penyuplai daging sapi dari Brasil. Saat ini distributor daging sapi Brasil hanya dua, yakni Minerva Foods dan JBS.

Usulan tersebut  untuk menambah pilihan, dan membuat harga daging jadi lebih kompetitif. “Pemerintah Brasil sudah mengusulkan penambahan rumah potong baru 20. Ini sudah diusulkan sejak tahun lalu,” tutur Harry.

Dalam data Kementerian Pertanian, kebutuhan daging meningkat dari 669.731 ton menjadi 706.388 ton.
Produksi nasional pada 2022 ditaksir 436.704 ton, naik dari 423.443 ton pada 2021. Dengan stok awal tahun yang berjumlah 62.485 ton, Indonesia diperkirakan masih defisit 207.199 ton.

Pemerintah juga menetapkan stok cadangan 58.886 ton sehingga kebutuhan impor menyentuh 266.065 ton.
 

Perkembangan PMK di Indonesia

Kementerian Pertanian menjamin ketersediaan hewan kurban menjelang Idul Adha tahun ini dan melakukan antisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) dengan menerapkan protokol kesehatan, termasuk semprot desinfektan. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Pu.

Related Topics