NEWS

Tujuan dan Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub untuk Libur Nataru

Kuota mudik gratis Kemehub untuk Nataru capai 3.600 orang.

Tujuan dan Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub untuk Libur NataruPenumpang bersiap-siap memasuki bus angkutan kota antar provinsi (AKAP) saat mudik ke kampung halaman di Terminal Mengwi, Badung, Bali, Senin (11/4). (ANTARAFOTO/Nyoman Hendra Wibowo)
by
05 December 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyelenggarakan program Mudik Gratis bagi pengguna sepeda motor dan orang, yang ditujukan untuk mengantisipasi peningkatan volume perjalanan masyarakat pada masa liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) yang bersamaan dengan periode liburan sekolah.

Pendaftaran untuk mengikuti program tersebut dapat dilakukan secara online melalui aplikasi Mitra Darat pada 5–20 Desember 2023.

Dalam rapat rencana operasi Mudik Gratis Nataru, Direktur Angkutan Jalan, Suharto, mengatakan hasil sebuah survei menunjukkan 35,57 persen pergerakan masyarakat atau 39,97 juta akan menggunakan mobil dan 17,92 persen atau 20,14 juta mengendarai sepeda motor.

"Sesuai arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, maka kami akan menyelenggarakan Mudik Gratis di libur Nataru ini," kata Suharto dalam keterangan yang dikutip Selasa (5/12).

Dalam rencana penyelenggaraan program Mudik Gratis ini, Ditjen Perhubungan Darat menyediakan 90 unit bus AKAP (antar kota antar provinsi) dan pariwisata dengan total 3.600 penumpang.

Cara daftar mudik gratis Kemenhub

Anda yang belum memiliki aplikasi Mitra Darat dapat mengunduh pada Play Store atau App Store dengan versi terbaru, yakni 2.3.1 untuk iOS dan versi 1.1.8 untuk Android.

Setelah memiliki aplikasi Mitra Darat, masyarakat selanjutnya dapat mendaftar sesuai dengan langkah-langkah yang diarahkan aplikasi.

Jika telah melakukan pendaftaran online, silakan melakukan verifikasi di kantor pusat Kemenhub dan GOR Bulungan Blok M untuk wilayah Jakarta, serta Terminal Pondok Cabe untuk wilayah Tangerang Selatan.

Jadwal keberangkatan dan tujuan mudik gratis Kemenhub

Untuk keberangkatan sepeda motor dengan truk, hari keberangkatan rencananya berlaku pada 22 Desember dari Terminal Tipe A Pondok Cabe.

Sedangkan untuk pelepasan mudik gratis bagi penumpang, pemberangkatan berlaku pada 23 Desember dari Terminal Kampung Rambutan DKI Jakarta dan Terminal Terpadu Pulo Gebang.

Adapun rute ke kota tujuan, dengan masing-masing unit berkapasitas 40 orang, yang disiapkan adalah:

1. Jakarta-Solo

2. Jakarta-Yogyakarta

3. Jakarta-Surabaya

4. Jakarta-Wonosobo

5. Jakarta-Semarang

6. Jakarta-Wonogiri

7. Jakarta-Cilacap

8. Jakarta-Purwokerto

9. Jakarta-Malang

10. Jakarta-Kediri

11. Jakarta-Madiun

Untuk rute kota tujuan sepeda motor:

1. Jakarta-Solo

2. Jakarta-Yogyakarta

Related Topics