Comscore Tracker
NEWS

Cara Mengubah Ukuran Foto Secara Online, Ini Daftar Situsnya

Ubah ukuran foto online bisa dilakukan di situs gratisan.

Cara Mengubah Ukuran Foto Secara Online, Ini Daftar Situsnyailustrasi mengikuti kursus online (unsplash.com/Wes Hicks)

by Hendra Friana

Jakarta, FORTUNE - Cara mengubah ukuran foto dapat dilakukan dengan mudah, terutama lewat layanan online. Upaya dapat dilakukan tanpa memasang aplikasi khusus. Anda bisa melakukannya dengan mengunggah gambar yang Anda ingin ubah ukurannya ke situs tertentu, lalu mengunduhnya kembali dengan ukuran lebih kecil.

Situs-situs yang menawarkan layanan mengubah ukuran foto secara online ini juga bisa diakses secara gratis dan tanpa watermark. Lantas, apa saja situs-situs yang bisa digunakan dan bagaimana cara mengubah ukuran foto secara online? Berikut ulasannya:

Resizing.app

Situs Resizzing.app cukup poluler karena menawarkan cara tercepat dan termudah untuk mengubah ukuran gambar. Dengan situs ini, Anda juga dapat memiliki beberapa opsi untuk mengubah ukuran foto.

Selain itu, Anda dapat memilih alat potong untuk memotong bagian yang ingin Anda pertahankan secara visual. Ini bisa dilakukan dengan mengarahkan bagian kotak pangkas ke bagian yang ingin Anda pertahankan, atau Anda dapat memasukkan piksel yang tepat untuk memastikan bahwa pangkasan seragam sesuai keinginan Anda. 

Lewat situs ini, Anda juga dapat menentukan beberapa ukuran preset sehingga Anda dapat mengubah ukuran gambar agar sesuai dengan Facebook, Twitter, dan situs lainnya.

Metode lainnya adalah dengan memasukkan dimensi yang tepat yang Anda inginkan untuk gambar tersebut. Opsi persentase juga disertakan di sini sehingga Anda dapat langsung memotong foto sebesar 10 persen, atau 20 persen, dan seterusnya. Setelah selesai, Anda dapat menyimpan ke PNG, JPG, WEBP, BMP, atau TIFF.

Social Image Resizer Tool

Website ini juga dapat digunakan dengan sangat mudah untuk mengubah ukuran foto Anda. Anda cukup mengunjungi tautan situs https://www.internetmarketingninjas.com/tools/favicon-generator-crop-images/ mengunggah gambar dan memilih ukuran foto yang Anda inginkan.

Lewat situs ini, Anda juga memiliki opsi pemangkasan manual. Selain itu, Anda dapat memasukkan ukuran baru yang Anda inginkan dalam angka.

Setelah mengunggah foto dari komputer, Anda dapat mengubah ukurannya agar pas dengan beberapa situs web media sosial paling populer. Gambar dapat diubah ukurannya agar sesuai dengan foto sampul Facebook, gambar header Twitter, gambar mini papan Pinterest, foto profil YouTube, favicon, dan banyak lainnya.

Anda mendapatkan kontrol penuh atas bagian gambar mana yang diubah ukurannya dengan menyeret dan menjatuhkan alat potong ke area gambar mana pun. Setelah selesai, gambar akan diubah ukurannya menjadi apa yang Anda pilih dan kemudian menunjukkan seperti apa tampilannya sebelum Anda memutuskan untuk mengunduhnya.

Meski demikian, situs ini memiliki kekurangan yang dibandingkan yang lainnya, yakni hanya memiliki satu opsi format ekspor.

Simple Image Resizer

Seperti namanya, situs https://www.simpleimageresizer.com/ ini dapat membantu Anda mengubah ukuran foto dengan sederhana. Anda cukup mengunggah gambar dan pilih dimensi tertentu yang Anda inginkan untuk yang baru. Ada beberapa metode pengubahan ukuran. Anda dapat menyesuaikan bilah geser untuk membuat foto menjadi 20 persen, 50 persen, 80 persen, atau persentase lainnya menjadi lebih kecil.

Setelahnya, cukup klik kanan tautan unduhan untuk menyimpannya ke komputer Anda. Sayangnya, situs ini tidak memiliki opsi lanjutan dan dapat memisahkan pengubahan ukuran sumbu XY. Selain itu, ia tidak menunjukkan piksel asli dan tidak memiliki opsi preview.

OnlineImageResize.com

Sama seperti tiga situs lainnya, situs ini OnlineImageResize.com menyediakan opsi pengeditan dasar. Kelebihannya, ia dapat mengubah ukuran foto secara massal dan mendukung gambar hingga 20 MB.

Anda cukup mengunggah beberapa gambar sekaligus, lalu tentukan ukuran piksel/sentimeternya.

Versi thumbnail dari gambar yang diubah ukurannya akan muncul di samping, dan Anda dapat mengunduhnya satu per satu atau mengambil semuanya sekaligus dalam file ZIP. Anda juga dapat menjalankan beberapa pengeditan dasar, seperti memotong atau membalik sebelum mengunduh salah satu foto.

Namun, unggahan Anda di situs ini akan dihapus secara otomatis setelah 30 menit sehingga Anda tidak bisa meninggalkan proses pengubahan ukuran di tengah jalan.

Kekurangan dari situs ini adalah besarnya ruang untuk iklan. Ini tentu mengganggu jika sampai menutupi layar tampilan situs. Selain itu, pengubahan ukuran rasio tetap dibatasi pada dimensi lebar.

ImageOptimizer.net

Kelebihan situs ini adalah adanya pengaturan kualitas gambar. Selain itu, situs ini juga nyaman digunakan karena tanpa iklan. ImageOptimizer.net sangat mudah digunakan. Setelah Anda mengunggah gambar yang ukurannya ingin Anda ubah, pilih kualitas gambar serta lebar dan tinggi piksel maksimum.

Kualitasnya dapat berkisar dari ukuran file terkecil hingga terbesar, dengan ukuran yang lebih besar menunjukkan kualitas lebih baik.

Sebelum Anda mengunduh foto yang diubah ukurannya dari ImageOptimizer.net, Anda dapat melihat dimensi dan ukuran file dari gambar asli dibandingkan dengan yang baru diedit. Ada juga program yang dapat diunduh dari situs web ini, yang memudahkan pengeditan gambar karena tidak perlu diunggah terlebih dahulu. Namun, watermark ditempatkan pada semua gambar yang dijalankan melalui perangkat lunak.

Kekurangan dari situs ini adalah ketiadaan opsi preview. Selain itu, tidak ada perubahan jenis file, melainkan hanya penyesuaian dimensi dan resolusi.

Related Topics

Related Articles