NEWS

Erick Ungkap Alasan Harga BBM Pertamina Tak Berubah Meski ICP Naik

Demi stabilisasi inflasi.

Erick Ungkap Alasan Harga BBM Pertamina Tak Berubah Meski ICP NaikMenteri BUMN Erick Thohir. (Doc: Kementerian BUMN)
05 February 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Keputusan Pertamina menahan harga bahan bakar minyak (BBM) pada Februari 2023 berbanding terbalik dengan harga minyak mentah Indonesia (Indonesia Crude Price/ICP) yang mengalami kenaikan. 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mengatakan keputusan tersebut bertujuan untuk menjaga inflasi dan daya beli masyarakat. 

"Tentu ini bisa berdampak luas bagi perekonomian nasional," ujar Erick melalui keterangan resminya dikutip Senin (5/2).

Pertamina sebagai perusahaan BUMN dinilai turut berperan dalam menjaga stabilitas ekonomi.

"Pertamina juga sudah melakukan efisiensi dalam proses bisnisnya sehingga bisa menghasilkan BBM dengan harga terbaik," kata Erick.

Pengamat Energi Universitas Gadjah Mada (UGM), Fahmy Radhi, mengatakan keputusan Pertamina itu cukup tepat.

"Kenaikan harga subsidi itu akan memberikan dampak ekonomi, yakni menyulut inflasi, menekan daya beli itu memang kurang tepat," kata Fahmy seperti dikutip Antara.

Menurut Fahmi, tidak adanya penyesuaian BBM ketika ICP naik takkan membebani APBN. Sebab, pemerintah tidak lagi memberikan kompensasi kepada Pertamina saat menetapkan harga BBM nonsubsidi di bawah harga pasar.

"Setelah diputuskan bahwa itu merupakan strategi Pertamina, maka beban itu akan berkurang karena negara tidak perlu lagi memberikan kompensasi," kata Fahmy.

Harga BBM Pertamina 

Penyesuaian harga BBM Pertamina mengacu pada Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No.245.K/MG.01/MEM.M/2022 sebagai perubahan atas Kepmen No.62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Per 1 Februari, Pertamina mengumumkan harga BBM non subsidinya tak mengalami perubahan dibandingkan dengan Januari.

"Harga BBM JBU TMT 01 Februari 2024 jam 00.00 waktu setempat adalah tetap/tidak berubah," demikian keterangan dalam pengumuman resmi pada laman Pertamina.

Menteri ESDM, Arifin Tasrif, menetapkan Harga Minyak Mentah Indonesia atau Indonesia Crude Price (ICP) pada Januari 2024 mencapai US$77,12 per barel. 

Penetapan tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri ESDM No.139.K/MG.03/DJM/2024 tentang Harga Minyak Mentah Bulan Januari 2024 tanggal 1 Februari 2024.

"Besaran harga rata-rata minyak mentah Indonesia pada bulan Januari 2024 ini meningkat dibandingkan bulan sebelumnya," ujar Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama, Agus Cahyana Adi, dalam keterangan resmi yang dikutip Jumat (2/2).

Related Topics