NEWS

Jasa Raharja Buka Mudik Gratis untuk 2.000 Orang

Pendaftaran dibuka hingga 16 April.

Jasa Raharja Buka Mudik Gratis untuk 2.000 OrangCalon penumpang menunggu kedatangan keretanya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (7/4/2022). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
11 April 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Jasa Raharja kembali menggelar mudik gratis usai dua tahun "meliburkan" program rutin tersebut. Sejak 9 April lalu pendaftaran progarm mudik gratis tersebut sudah dibuka dengan total kuota mencapai 20 ribu pemudik.  Tahun ini, perseroan menyiapkan armada bus dengan 12 kota tujuan serta Kereta Api dengan tujuan Semarang, Solo, D.I Yogyakarta, Malang dan Surabaya.

Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono mengatakan program bertajuk “Mudik Sehat Bersama BUMN 2022” itu akan masih membuka pendaftaran hingga 16 April mendatang. Pendaftaran dapat dilakukan melalui aplikasi JRku menu “Mudik 2022” atau website mudik.jasaraharja.co.id.

Adapun Syarat bagi masyarakat yang mau mendaftar program tersebut antara lain, harus mempunyai Sepeda Motor dan SIM C. Kemudian tiap satu orang pendaftar dapat mendaftarkan peserta lain maksimal 4 orang dewasa (di atas tiga tahun).

Kemudian, pendaftar dan calon peserta harus mempunyai hubungan keluarga yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga/Surat Nikah/Akta Lahir, serta seorang pendaftar maupun peserta hanya boleh terdaftar satu kali.

Kemudian, kata Rivan, calon peserta diharuskan mengunggah sejumlah dokumen sebagai data penunjang untuk verifikasi. Data yang dimaksud antara lain KTP dan SIM C yang masih berlaku, STNK sepeda motor, salah satu di antara Kartu Keluarga/Surat Nikah/Akta Lahir, serta sertvikat vaksin untuk masing masing calon peserta mudik.

“Upload dokumen tersebut dilakukan melalui aplikasi pendaftaran di JRku atau melalui website. Dokumen yang diupload ini jadi data penunjang calon peserta untuk verifikasi saat pendaftaran. Dan jangan lupa menyiapkan sertifikat vaksin bagi peserta mudik gratis karena ini salah satu syarat untuk mengikuti program ini”, jelasnya

Selanjunya peserta mudik yang telah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT- PCR atau rapid test antigen. Namun, jika peserta baru mendapat vaksinasi dosis kedua, peserta mudik wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen dalam kurun waktu 1x24 jam, atau RT PCR dalam kurun waktu 3x24 jam sebelum keberangkatan.

“Khusus untuk peserta mudik yang vaksinasi dosis pertama, syarat perjalanannya yaitu wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3x24 jam sebelum keberangkatan. Vaksinasi dosis pertama ini tidak berlaku rapid test antigen ya”, tutur Rivan.

Jumlah angkutan yang disiapkan

Selain itu, “Mudik Sehat Bersama BUMN 2022” yang dikomandoi Jasa Raharja juga mengadakan vaksinasi bagi calon penumpang yang belum mendapatkan vaksin dosis ke-3 atau booster. Vaksinasi booster dilaksanakan sejak 6-21 April 2022.

Adapun terkait angkutan mudik, Jasa Raharja menyediakan 100 armada bus untuk 5.000 penumpang serta 23 rangkaian kereta api untuk 15.000 penumpang. Waktu pemberangkatan mudik gratis dengan armada bus akan dilaksanakan pada 27 April 2022 di Gelora Bung Karno.

Sementara waktu pemberangkatan moda kereta api dimulai 27 April hingga 1 Mei 2022 di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Jakarta Kota.

Dengan penyelenggaraan program ini, ujar Rivan, diharapkan masyarakat yang menjadi peserta dapat mudik dengan tetap sehat, aman, selamat, dan juga nyaman. Selain itu juga turut membantu menjaga pertumbuhan ekonomi dikarenakan dana yang seharusnya dikonsumsi untuk biaya perjalanan mudik dapat dialihkan untuk dibelanjakan di kampung halaman.

Related Topics