NEWS

Konsumsi Solar Industri Turun 11%, Pengusaha Disebut Antre Subsidi

Pertamina harap kesadaran industri untuk tak pakai subsidi.

Konsumsi Solar Industri Turun 11%, Pengusaha Disebut Antre SubsidiANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj.
04 April 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, penjualan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar untuk kalangan industri turun hingga 11 persen. Sebaliknya, penjualan solar di ritel yang harganya mendapatkan subsidi justru meningkat. 

Menurut Nicke penurunan konsumsi industri hingga 11 persen tersebut menunjukkan bahwa pelaku industri juga ikut mengantre solar bersubsidi. Padahal, menurut Nicke, mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014, pengguna yang berhak atas solar subsidi untuk sektor transportasi adalah kendaraan bermotor plat hitam untuk pengangkut orang atau barang, kendaraan bermotor plat kuning kecuali mobil pengangkut hasil tambang dan perkebunan dengan roda lebih dari enam.

Angkutan lainnya adalah kendaraan layanan umum (ambulans, pemadam kebakaran, pengangkut sampah), kapal angkutan umum berbendera Indonesia, kapal perintis, serta kereta api penumpang umum dan barang.

“Kalo dilihat penjualan ke industri turun tapi di ritel naik, jadi ada perpindahan,” kata Nicke setelah memantau penjualan BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Jalan Soekarno Hatta, Palembang, seperti dikutip Antara, Minggu (3/4).

Nicke menuturukan, kondisi ini perlu diantisipasi dengan regulasi karena industri besar tak diperkenankan menggunakan minyak solar subsidi. Lantaran belum ada regulasi yang mempertegas, Pertamina hanya bisa berhara kesadaran dari pelaku industri besar untuk tidak mengambil jatah subsidi para pelaku industri kecil.

“Subsidi ini hanya kendaraan umum dan kendaraan pengangkut barang-barang logistik, yang bertujuan agar harga-harga kebutuhan pokok tidak naik,” tuturnya.

Subsidi pemerintah

Nicke juga menyampaikan, demi menjamin kebutuhan angkutan logistik, pemerintah memutuskan tetap memberikan subsidi untuk minyak solar, walau bantuan yang diberikan relatif besar yakni Rp7.800 untuk tiap liter.

Kebijakan ini berlaku pula untuk gas LPG 3 kilogram, yang mana setiap kilogram disubsidi pemerintah Rp11.000. “Diharapkan dengan upaya ini, harga-harga tetap stabil, jangan sampai ada isu-isu lain karena faktanya pemerintah terus memberi subsidi,” kata dia.

Saat ini penyaluran solar subsidi oleh Pertamina telah melebihi kuota sekitar 10 persen per Februari untuk skala nasional. Sementara, untuk wilayah Sumsel sudah melebihi kuota hingga 12 persen.

Ia menambahkan, adanya geliat ekonomi di sejumlah daerah penghasil batu bara dan minyak sawit terutama di Sumatera dan Kalimantan telah mendorong lonjakan permintaan solar subsidi. Kondisi ini juga terjadi di Sulawesi Selatan yang juga memiliki sejumlah industri pengolahan.

“Sebenarnya ini patut disyukuri, artinya ekonomi kita recovery lebih cepat. Tapi tantangannya, bagaimana menyediakan kebutuhan BBM, dan sejauh ini pemerintah menjamin tetap memberikan subsidi,” tandasnya.

Related Topics