NEWS

Profil Sukanto Tanoto, Pengusaha RI yang Membeli Hotel Mewah di China!

Sosok yang sempat viral di media sosial

Profil Sukanto Tanoto, Pengusaha RI yang Membeli Hotel Mewah di China!Sukanto Tanoto (Dok. Tanoto Foundation)
10 January 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Nama pengusaha sekaligus triliuner asal Indonesia, Sukanto Tanoto belum lama ini sempat viral di jagat maya, lantaran baru saja membeli hotel mewah di China.

Tak tanggung-tanggung, hotel yang ia beli bernilai Rp3.7 triliun. Hotel tersebut bernama Wanda Reign on the Bund, yang dibeli dari pengembang asal negara tersebut.

Sebenarnya, nama Sukanto Tanoto bukanlah sosok pendatang baru dalam jajaran orang terkaya di Indonesia.

Ia menempati posisi ke-20 sebagai orang paling tajir di tanah air. Lantas, siapa sosok pengusaha yang satu ini, dan dari mana semua kekayaannya didapat? Temukan jawabannya melalui ulasan profil Sukanto Tanoto berikut ini!

Profil Sukanto Tanoto

Sukanto Tanoto adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang lahir Belawan, Medan pada 25 Desember 1949.

Ia adalah pendiri sekaligus chairman di perusahaan Royal Golden Eagle (RGE), yang sebelumnya bernama Raja Garuda Mas (RGM), sebuah grup perusahaan yang bergerak di sektor manufaktur berbasis sumber daya.

Didirikan pada tahun 1973, RGE saat ini telah memiliki operasional di Indonesia, China, Kanada, dan Brazil, dengan aset sebesar US$20 miliar dan lebih dari 70.000 tenaga kerja.

RGE memiliki beberapa sub-perusahaan, seperti Asia Pacific Resources International Holding Ltd (APRIL) dan Asia Symbol yang bergerak di bidang pulp dan kertas, kemudian Asian Agri dan Apical bergerak di sektor minyak dan kelapa sawit, lalu ada Sateri dan Asia Pacific Rayon (APR) pada serat viscose, Bracell pada serat selulosa, serta Pacific Oil & Gas pada sektor energi.

Sebelum menjadi RGE, Ia memulai bisnisnya pada tahun 1967 sebagai pemasok suku cadang dan pengusaha di sektor jasa konstruksi dan industri minyak.

Barulah pada tahun 1973, Sukanto Tanoto mendirikan RGE yang bergerak di bidang bisnis kayu lapis.

Dengan ketekunan dan konsistensinya, Sukanto Tanoto terus mendulang kesuksesan dengan mendirikan perusahaan di sektor kelapa sawit, hingga pulp dan kertas.

Bahkan, salah satu perusahaannya, APRIL, berhasil melantai di Bursa Efek New York yang merupakan bursa saham terbesar di dunia.

Prestasi ini tentu sangat luar biasa bagi Sukanto Tanoto yang merintis bisnisnya dari kecil.

Sukanto Tanoto masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia

Dengan kekayaan yang bersumber dari bisnisnya, hal itu mengangkat nama Sukanto Tanoto dalam Daftar Orang Terkaya Di Indonesia.

Berdasarkan laporan Forbes, ia menempati posisi ke-20 sebagai orang terkaya di Indonesia pada tahun 2023.

Tidak heran apabila Sukanto Tanoto kemudian sempat viral karena baru saja membeli sebuah hotel mewah di China.

Related Topics