NEWS

Soal Ekonomi, BBM & Resesi Masuk Daftar Kata Paling Dicari Warga RI

Warga RI juga banyak mencari informasi seputar kesehatan.

Soal Ekonomi, BBM & Resesi Masuk Daftar Kata Paling Dicari Warga RISeorang petugas SPBU sedang mengisi BBM pelanggan. (Dok. Pertamina)
15 December 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Google Indonesia baru-baru ini merilis laporan bertajuk “Year In Search 2022”. Laporan tersebut berisi daftar kata paling populer yang dicari pengguna Internet Indonesia.

Communication Manager Google Indonesia, Feliciana Winathan, menyatakan dalam keterangannya, Kamis (15/12), "Year in Search 2022" menunjukkan sejumlah topik yang viral sepanjang tahun ini. Namun, daftar tersebut tidak disusun berdasarkan tingkat popularitas penelusuran.

Menurut Google, dalam ranah ekonomi, ada beberapa kata kunci yang mencuri perhatian masyarakat seperti “mengapa harga bbm naik”, “resesi”, hingga “blt bbm”.

Soal BBM, pemerintah resmi menaikkan tarif BBM bersubsidi per awal September. Presiden Joko Widodo, dalam konferensi pers di Istana Merdeka, Sabtu (3/9), menyatakan penyesuaian harga BBM diputuskan dalam situasi yang sulit.

Saat itu harga pertalite yang sebelumnya Rp7.650 per liter naik menjadi Rp10.000 per liter, dan harga solar bersubsidi yang sebelumnya Rp5.150 per liter menjadi Rp6.800 per liter. Selain itu, harga pertamax (nonsubsidi) juga mengalami kenaikan, dari Rp12.500 menjadi Rp14.500.

Sementara, isu resesi atau pertumbuhan ekonomi global menggema belakangan. Hal tersebut diperkirakan terjadi tahun depan akibat masalah inflasi dan perang Rusia-Ukraina.

Pemerintah optimistis perekonomian tahun depan takkan mengalami resesi. Perekonomian akan melambat karena terdampak oleh masalah eksternal, tapi Indonesia masih akan mencetak pertumbuhan ekonomi pada kisaran 5 persen.

Dari G20 sampai CFW

Jokowi menyambut PM Rishi Sunak, di KTT G20, Bali Indonesia.
Jokowi menyambut PM Rishi Sunak, di KTT G20, Bali Indonesia. (ANTARAFOTO/Sigid Kurniawan)

Laporan Google ikut menemukan sejumlah ajang nasional yang menarik perhatian masyarakat Indonesia. G20, misalnya, ikut masuk dalam daftar pencarian terpopuler.

Untuk pertama kalinya, Indonesia menjadi tuan rumah konferensi tingkat tinggi (KTT) kelompok negara dua puluh atau G20. Forum internasional tersebut digelar pada Desember 2021 hingga November 2022.

Pencarian juga ramai pada kata-kata "Citayam Fashion Week", yakni fenomena sekelompok anak muda yang sengaja berkumpul di kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Umumnya, mereka datang dari berbagai daerah penyangga Jakarta seperti Citayam, Bojonggede, dan Depok. 

Di luar itu, menurut Feliciana, Google untuk pertama kalinya merilis kategori olahraga demi melihat lebih jauh minat pencarian masyarakat Indonesia, khususnya soal kesehatan.

“Setelah dua tahun penuh ketidakpastian, masyarakat Indonesia muncul kembali dengan lebih kuat, berdaya, dan terus mencari cara untuk menjadi versi yang lebih baik dari sebelumnya. Pencarian seputar kesehatan terus mendominasi,” ujarnya.

Menurut laporan Google, berikut daftar kata yang trending sepanjang 2022 berdasarkan topik.

  • Tren Keseluruhan

1) Apa arti Bestie

2) Citayam Fashion week

3) Gempa hari ini

4) G20

5) Deep talk

6) Love language

7) Gerhana bulan

8) BLT BBM

9) NFT

10) Hepatitis akut

  • Olahraga

1) Olahraga kardio apa saja

2) Olahraga dayung

3) Anggar olahraga

4) Toko peralatan olahraga terdekat

5) Aplikasi olahraga gratis

6) Olahraga tenis

7) Olahraga badminton

8) Outfit olahraga

9) Makan dulu atau olahraga dulu

10) Tempat olahraga terdekat

  • Peristiwa Nasional

1) Minyak goreng

2) Perubahan iklim

3) Gempa hari ini

4) Gejala omicron

5) Kanjuruhan

6) Eril ditemukan

7) Piala Presiden 2022

8) Persib

9) Holywings

10) Lokasi vaksin covid terdekat

Related Topics