NEWS

Anies Baswedan Minta Anak Muda Kawal Suara Pemilu

Anies Baswedan jadi pembicara IMGS 2023.

Anies Baswedan Minta Anak Muda Kawal Suara PemiluAnies Baswedan (Politikus/Calon Presiden Republik Indonesia) di Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2023
24 November 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Di hari pertama, Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2023 kembali mengadakan sesi conference bertajuk ‘Indonesia's Electoral Epoch: Unveiling the Dynamic of the Pivotal 2024 Election’ bersama Calon Presiden Republik Indonesia yaitu Anies Baswedan.

Sesi ini berlangsung pada hari pertama Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2023 tanggal 24 November 2023 di Pulau Satu & Dome Senayan Park, Jakarta. Sesi ini memberikan kesempatan bagi Anies untuk membagikan wawasan terkait dinamika politik Indonesia saat ini serta gagasan, pandangan, dan program kerjanya.

Selama perjalanannya mengunjungi berbagai provinsi di Indonesia, Anies menjelaskan bahwa dia mendengarkan berbagai isu yang dihadapi masyarakat Indonesia seperti harga kebutuhan pokok yang tinggi serta lapangan pekerjaan yang semakin sulit didapatkan.

Temuan Anies selaras dengan hasil riset Indonesia Millennial Report 2024 dan Indonesia Gen Z Report 2024 yang dipublikasikan oleh IDN Research Institute.

Dalam sesi ini, Anies membagikan tema utama presidensinya, yaitu mengusung perubahan yang berkeadilan. Menurutnya, saat ini terjadi ketimpangan dari segi ekonomi, pendidikan, lapangan kerja dan lain-lain karena pembuat kebijakan tidak memasukkan faktor keadilan dalam proses pembuatan kebijakan. Anies juga menjelaskan sejumlah gagasan yang dirumuskan untuk mewujudkan perubahan tersebut.

“Saya mengusung re-industrialisasi, yang artinya membangun industri-industri baru di kawasan yang sebelumnya belum menjadi pusat industri. Tema kami adalah bahwa perubahan bukanlah hanya sebagai kosmetik, tetapi perubahan harus substansial apakah perubahan tersebut mengusung konsep keadilan,” ujar Anies.

Para pengunjung memadati sesi Anies Baswedan. Anies pun menjawab beberapa pertanyaan dan menampung keresahan dari beberapa anak muda, termasuk terkait isu biaya pendidikan yang mahal, industri kreatif, dan lain-lain. Bahkan ada pengunjung disabilitas yang menanyakan tentang strategi Anies dalam memperjuangkan lapangan kerja bagi penyandang disabilitas. “Pemerintah mesti bisa memberikan insentif kepada perusahaan yang memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk bekerja,” katanya.

Ia percaya bahwa anak muda berperan dalam membentuk reformasi demokrasi. Anies juga mengajak Millennial dan Gen Z untuk sama-sama mengawasi suara Pemilu 2024. "Mari kita sama-sama awasi suara kita di Pemilu 2024 Karena di sana ada suara kita semua,” kata Anies.

Kunjungi akun Instagram resmi @indonesia.summit atau website imgs.idntimes.com untuk informasi lebih lanjut mengenai Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2023 persembahan IDN Media.

Related Topics