NEWS

Beli Oleh-oleh Saat Mudik? Ini Kiatnya Agar Tidak Boncos

Siapkan daftar penerima dan perhatikan ukuran barang.

Beli Oleh-oleh Saat Mudik? Ini Kiatnya Agar Tidak BoncosPedagang menawarkan makanan di pusat oleh-oleh kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (8/5). (ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya)
09 April 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Mudik Lebaran tidak hanya tentang kembali ke kampung halaman, tetapi juga tentang kegembiraan dan kedekatan dengan keluarga. 

Salah satu hal yang selalu menjadi perhatian saat mudik Lebaran adalah membeli Oleh-oleh khas daerah untuk dibawa pulang ke kota. Ini bisa menjadi momen yang menyenangkan sekaligus membingungkan, terutama ketika harus memilih di antara berbagai pilihan yang beragam. 

Oleh-oleh ini tidak hanya sekedar tradisi, tetapi juga merupakan bentuk kepedulian dan kebersamaan yang ingin diungkapkan kepada kerabat dan rekan kerja. Nah, bagi yang masih bingung untuk memilih oleh-oleh, simak kiat selengkapnya di bawah ini agar kantong tidak boncos.
 

Siapkan dana khusus dan daftar penerima

Ilustrasi menabung. Shutterstock/Worawee Meepian
Ilustrasi menabung. Shutterstock/Worawee Meepian

Sebelum membeli oleh-oleh, pastikan kamu sudah memiliki dana khusus untuk membelinya. Siapkan jauh-jauh hari agar rencana membeli oleh-oleh dapat benar-benar terlaksana. Tidak perlu banyak dan sesuaikan pula dengan kemampuan finansial. Jangan sampai Anda mengeluarkan budget berlebihan untuk membeli oleh-oleh

Selain itu, untuk mengukur kebutuhan dana, kita bisa membuat daftar penerima oleh-oleh. Hal ini sangat penting agar pemberianmu bisa tepat sasaran, tidak ada yang terlewat, serta dapat memperkirakan berapa dana yang harus dikeluarkan, maupun berapa budget untuk membeli oleh-oleh bagi masing-masing orang.

Membeli di pusat oleh-oleh

Ilustrasi martabak manis (Yummy.co.id)

Related Topics