Comscore Tracker
NEWS

Ini 6 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia

Mulai dari rendang, bakso hingga rawon jadi makanan khas RI.

Ini 6 Makanan Khas Indonesia yang MenduniaIlustrasi Masyarakat Adat Minang memasak Rendang/ ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/hp

by Suheriadi

Jakarta, FORTUNE - Bicara tentang makanan khas Indonesia, jumlahnya tentu sangat banyak. Lihat saja, Indonesia kini memiliki 38 provinsi yang pastinya memiliki kuliner khas masing-masing. 

Dari berbagai olahan makanan khas Indonesia, sebagian bahkan telah dikenal oleh masyarakat dari seluruh dunia. Makanan-makanan tersebut berasal dari berbagai daerah, yang menggambarkan budaya khas Nusantara.

Tentu sebagai pencinta kuliner, Anda perlu tahu sebenarnya makanan khas Indonesia yang sudah terkenal sampai ke penjuru dunia itu apa saja, penasaran? Simak beberapa daftarnya di bawah ini, ya.

Rendang hingga nasi padang

Siapa yang tidak tahu makanan khas dari Sumatera Barat yang satu ini. Irisan daging sapi yang dimasak dengan rempah khas padang yang gurih. Namun, ada juga rendang berbahan dasar lainnya, seperti jengkol dan telur. 

Selain itu, terdapat menu lain seperti nasi padang. Siapa yang tidak tergoda menyantap Nasi Padang saat makan siang? Baru mendengar namanya saja sudah menerbitkan air liur ya. Nasi Padang sebenarnya adalah nasi putih yang disajikan bersama aneka jenis lauk khas Padang seperti rendang, gulai ikan, ayam bakar, ayam pop, telor dadar, kering tempe, daging cincang, daun singkong rebus dan sambal ijo. 

2. Sate dan nasi goreng

Kuliner khas Indonesia yang menggunakan daging ayam, sapi, kambing, kelinci, ataupun kerbau sebagai bahan bakunya rasanya sangat lezat. Uniknya, setiap pulau memiliki sate dengan versi yang berbeda- beda. Mulai dari Sate Padang dari Minangkabau, Sate Madura, Sate Tegal, Sate Klathak, Sate Lilit, Sate Ponorogo, Sate Ambal, dan Sate Buntal.

Tak hanya itu, nasi goreng sendiri banyak versinya, ada nasi goreng kampung, nasi goreng ijo, nasi goreng jawa, nasi goreng teri, nasi goreng seafood, nasi goreng, nasi goreng sunda, nasi goreng mawut, dan lain-lain. Nah setiap jenis memiki rasa dan campuran yang berbeda.

Rawon dan Bakso

Rawon merupakan makanan khas dari Kota Surabaya, Jawa Timur. ini mirip dengan sup daging namun memiliki kuah hitam pekat. Warna hitam pada rawon disebabkan oleh pemakaian kluwek pada kuahnya. Biasanya makan rawon dilengkapi dengan telor asin atau kerupuk udang sesuai selera.

Bakso merupakan makanan berbahan dasar daging sapi ini mudah ditemukan di hampir setiap wilayah Indonesia. Selain orang Indonesia, hidangan bakso juga menjadi kuliner favorit mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

Itulah daftar 6 makanan khas Indonesia yang mendunia. Dari daftar tersebut, makanan apa yang menjadi favorit Anda?

Related Articles