NEWS

Ini Pengertian dari Zona Euro 

Ini negara yang menjadi anggota dari zona euro.

Ini Pengertian dari Zona Euro Mata uang Euro (unsplash.com/Ibrahim Boran)

by Suheriadi

03 February 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Zona Euro atau area euro merujuk pada gabungan mata uang di negara-negara anggota Uni Eropa yang telah mengadopsi euro sebagai satu-satunya mata uang resmi. Sistem Euro, dipimpin oleh Bank Sentral Eropa, bertanggung jawab atas kebijakan moneter di dalam Zona Euro.

Zona Euro merupakan contoh dari serikat moneter (monetary unions). Selain itu, area euro juga sebuah tahap akhir dari integrasi ekonomi setelah serikat ekonomi (economic union).

Zona Euro dinyatakan keberadaannya dengan penerbitan euro secara resmi pada tanggal 1 Januari 1999. Lalu siapa saja anggota dari eurozone ini. Berikut ulasan selengkapnya.

Ini negara yang menjadi anggota dari zona euro

Uni Eropa.Uni Eropa. (Pixabay/Dusan_Cvetanovic)

Kroasia menjadi negara teranyar yang telah mengadopsi euro dan menjadi negara ke-20 anggota Uni Eropa yang menggunakan mata uang tunggal di kawasan itu. Pengadopsian penggunaan euro oleh Kroasia pada awal 2023 itu terjadi hampir satu dekade setelah bergabung dengan Uni Eropa yang sekarang beranggotakan 27 negara.

Dari 27 negara anggota Uni Eropa, sebanyak 19 negara sebeludi di antaranya telah mengadopsi euro sebagai mata uang mereka. Negara-negara tersebut antara lain, Austria, Belgia, Siprus, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Irlandia, Italia, Latvia, Lithuania, Luksemburg, Malta, Belanda, Portugal, Slovakia, Slovenia, dan Spanyol.

Untuk mengkoordinasikan kebijakan moneter, Zona Euro membentuk Eurosystem. Sistem tersebut terdiri dari Bank Sentral Eropa (ECB) dan bank sentral negara anggota. Tujuan utama otoritas moneter adalah untuk memelihara stabilitas harga, menjaga stabilitas keuangan dan mempromosikan integrasi keuangan.

Selain itu, dalam pengelolaan fiskal, Pakta Stabilitas dan Pertumbuhan (Stability and Growth Pact atau SGP) mengharuskan disiplin fiskal di antara negara anggota. Kebijakan ini mensyaratkan defisit fiskal kurang dari 3% dari PDB dan utang fiskal kurang dari 60 persen dari PDB.

Keuntungan dan kelemahan zona Euro

Uni Eropa.Uni Eropa. (Pixabay/Dusan_Cvetanovic)

Related Topics