NEWS

Ini Solusi Anies dan Ganjar Untuk Mengatasi Jerat Pinjol di Kampus

Anies: negara harus ambil alih pembayaran UKT.

Ini Solusi Anies dan Ganjar Untuk Mengatasi Jerat Pinjol di KampusAnies Baswedan dan Prabowo Subianto dalam Debat Pilpres Kelima, Minggu (4/2). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

by Suheriadi

05 February 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Media sosial sempat ramai membicarakan terkait skema pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan pinjaman online (Pinjol) yang ditawarkan oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) bekerjasama dengan pinjol Danacita. 

Fenomena itu sempat disinggung oleh Calon Presiden (Capres) nomor 01 Anies Baswedan yang ditujukan untuk Capres nomor 03 Ganjar Pranowo dalam acara Debat Calon Presiden di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu malam (4/2). Keduanya pun membeberkan solusi yang ditawarkan untuk membenahi dunia pendidikan ini.

Ganjar gencarkan program 1 keluarga 1 sarjana

Ganjar Pranowo dalam Debat Pilpres kelima, Minggu (4/2).Ganjar Pranowo dalam Debat Pilpres kelima, Minggu (4/2). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Menjawab pertanyaan itu, Ganjar Pranowo mengaku bakal menghentikan sistem liberasi yang terjadi di perguruan tinggi. Selain itu, Mantan Gubernur Jawa Tengah ini juga mengimbau kepada para perguruan tinggi untuk memahami karakteristik mahasiswa yang mampu dan tidak secara ekonomi. 

“Yang kurang mampu musti mendapatkan intervensi dari pemerintah, dan tentu saja apa yang mesti dikerjakan oleh perguruan tinggi adalah dia harus bisa menunjukan bahwa UKT dengan klaster-klaster pembiayaan seperti ini diperuntukan untuk kalangan yang memang sesuai dengan strata mereka,” kata Ganjar.

Untuk itu, dalam mengatasi masalah yang terjadi di dunia pendidikan ini, Ganjar-Mahfud memiliki program 1 keluarga miskin 1 sarjana. Program serupa, ungkap Ganjar juga telah dilaksanakan di Jawa Tengah.

Anies: negara harus ambil alih pembayaran UKT

Capres nomor 1 Anies Baswedan saat Dialog Ekonomi Capres bersama Kadin Indonesia, Kamis (12/1). (Tangkapan layar Youtube Kadin Indonesia)