NEWS

Sanksi AS, Mastercard dan Visa Blokir Lembaga Keuangan Rusia

Masyarakat Rusia berbondong-bondong tarik tunai di ATM.

Sanksi AS, Mastercard dan Visa Blokir Lembaga Keuangan RusiaShutterstock_Theethawat Bootmata
02 March 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Perusahaan layanan kartu pembayaran asal Amerika Serikat, Visa Inc dan Mastercard memblokir lembaga keuangan yang masuk dalam jaringan mereka di Rusia. Keputusan tersebut menindaklanjuti sanksi yang dijatuhkan Pemerintah Amerika Serikat (AS) atas invasi yang dilakukan Rusia ke Ukraina. 

Dikutip dari Reuters, keduanya berupaya mematuhi kebijakan yang diatur oleh regulator di Amerika Serikat. Tak hanya itu, kedua perusahaan tersebut juga akan memberikan bantuan kemanusiaan masing-masing US$2 juta setara Rp28 miliar ke masyarakat Ukraina. 

"Kami akan terus bekerja dengan regulator di hari-hari mendatang untuk sepenuhnya mematuhi kewajiban kepatuhan kami seiring perkembangannya," kata Mastercard dikutip dari Reuters di Jakarta, Rabu (2/3). 

AS telah blokir bank sentral Rusia

Sebelumnya, Amerika Serikat juga telah menambahkan berbagai lembaga keuangan Rusia ke dalam daftar blokir, termasuk bank sentral Rusia dan bank yang memberi pinjaman terbesar kedua VTB. 

Pada Sabtu (26/2) lalu, AS, Inggris, Eropa dan Kanada juga telah mengumumkan sanksi baru terhadap Rusia yakni memblokir akses pemberi pinjaman tertentu ke sistem pembayaran internasional SWIFT. 

Masyarakat Rusia berbondong-bondong tarik tunai

Menanggapi hal tersebut, banyak masyarakat Rusia yang mendatangi ATM untuk menarik dananya di bank. Bahkan, Reuter melaporkan telah terjadi antrian panjang pada Minggu (27/2) dan Senin (28/2) waktu setempat. 

Masyarakat nengaku khawatir kartu bank mereka akan tidak berfungsi akibat pemblokiran tersebut. Tak hanya itu, masyarakat juga khawatir adanya larangan tarik tunai di kemudian hari. 

Related Topics