NEWS

Pendaftaran KIP Kuliah 2023 Dibuka, Ini Syarat dan Jadwal Seleksinya

Ini cara daftar KIP Kuliah 2023 dengan mudah.

Pendaftaran KIP Kuliah 2023 Dibuka, Ini Syarat dan Jadwal SeleksinyaKartu Indonesia Pintar/Dok Kemendikbud
15 February 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE -  Pemerintah kembali membuka pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2023. Bagi kamu yang berminat, pendaftaranya telah dibuka sejak 14 Februari hingga 31 Oktober 2023. Proses pendaftaran KIP Kuliah 2023 dapat dilakukan melalui laman resmi https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Kepala Pusat Pelayanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Abdul Kahar mengatakan, para siswa yang merasa layak untuk mendapat KIP Kuliah untuk segera mendaftar sedini mungkin dan tidak menunggu sampai mendekati masa akhir masa pendaftaran. Hal itu untuk menghindari potensi gagal daftar karena gangguan trafik jaringan.

"Ada kemungkinan trafik jaringan membludak sehingga berpotensi terganggu sehingga berpotensi gagal atau tidak bisa submit. Karena itu, lebih cepat mendaftar lebih baik," kata Kahar, di Jakarta, Rabu (15/2).

Syarat KIP Kuliah 2023

Ilustrasi perkuliahan.
Ilustrasi perkuliahan. (PxHere)

Sebelum mengajukan KIP, berikut syarat yang harus disiapkan calon peserta KIP Kuliah 2023:

  1. Penerima manfaat KIP Kuliah adalah siswa SMA/sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan, dan telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya.
  2. Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional), dan NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang valid.
  3. Memiliki potensi akademik baik, tetapi terbatas dari segi perekonomian yang dibuktikan dengan dokumen sah dari data kependudukan setempat.
  4. Siswa mempunyai Kartu KIP atau Kartu Keluarga Sejahtera dan terdata di DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) Kemensos.
  5. Telah lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dan diterima di PTN (Perguruan Tinggi Negeri) atau PTS (Perguruan Tinggi Swasta), pada prodi dengan Akreditasi A atau B. Memungkinkan pula untuk prodi dengan Akreditasi C dengan pertimbangan tertentu.

Cara daftar KIP Kuliah 2023

Ilustrasi lulusan kuliah.
Ilustrasi lulusan kuliah. (Pixabay/StockSnap)

Related Topics