NEWS

Ramai Pengungsi Rohingya di Indonesia, Ini Arahan Wapres

Jumlah pengungsi Rohingya di RI capai 1.487 orang.

Ramai Pengungsi Rohingya di Indonesia, Ini Arahan WapresSejumlah pengungsi Rohingya di Aceh (16/11)/Amanda Jufrian/AFP
06 December 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Media sosial ramai memperbincangkan mengenai banyaknya Pengungsi Rohingya yang berada di Indonesia. Sejumlah warga di daerah Aceh, Riau, hingga Medan bahkan sempat melakukan penolakan terhadap pengungsi Rohingya yang hendak berlabuh. 

Menanggapi hal tersebut, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengingatkan, masalah pengungsi Rohingya sebagai masalah kemanusiaan yang seharusnya bisa diatasi bersama. 

“Mereka [pengungsi Rohingya], bagaimanapun ini kemanusiaan. Karena kemanusiaan, harus kita tanggulangi,” kata Ma'ruf melalui keterangan resmi yang dikutip di Jakarta, Rabu (5/12). 

Pemerintah Indonesia harus tetap antisipasi

Wapres Ma\'ruf Amin saat sampaikan 3 langkah strategis wujudkan ASN yang siap hadapi tantangan birokrasi masa depan.
Wapres Ma'ruf Amin saat sampaikan 3 langkah strategis wujudkan ASN yang siap hadapi tantangan birokrasi masa depan. (Dok. Setwapres)

Atas dasar itu, Wapres memberi imbauan agar pengungsi Rohingya tidak ditolak. Namun sebelum ditampung, tambahnya, pemerintah Indonesia tentu perlu menyiapkan berbagai antisipasi agar tidak menimbulkan beban di kemudian hari bagi Indonesia, baik dari sisi negara ataupun masyarakat. 

"Tetapi juga tentu kita mengantisipasi jangan sampai kemudian ada penolakan oleh masyarakat, dan kemudian bagaimana supaya juga mengantisipasi jangan sampai nanti terus lari, semua larinya ke Indonesia, ke sini. Itu menjadi beban,” jelasnya. 

Mantan Ketua MUI tersebut juga menyinggung, lokasi penempatan penting untuk dipertimbangkan, sebagaimana Pulau Galang di Batam untuk menampung pengungsi asal Vietnam beberapa puluh tahun silam. Jadi menurutnya, memang diperlukan solusi-solusi yang pas bagi negara dan masyarakat. 

“Dulu pernah kita menjadikan Pulau Galang untuk pengungsi vietnam. Nanti kita akan bicarakan lagi apa akan seperti itu. Saya kira pemerintah harus mengambil langkah-langkah [solutif],” tutur Wapres.

Jumlah pengungsi Rohingya di RI capai 1.487 orang

Ngabuburit di Masjid Raya Baiturrahman, Aceh.
Ngabuburit di Masjid Raya Baiturrahman, Aceh. (ANTARA FOTO /Irwansyah Putra)

Related Topics