NEWS

HAKI: Pengertian, Jenis, Manfaat, Fungsi, dan Cara Ceknya

Ini cara cek HAKI secara online dengan mudah.

HAKI: Pengertian, Jenis, Manfaat, Fungsi, dan Cara CeknyaKlinik Kekayaannya Intelektual (KI) Bergerak Provinsi NTT di Kota Kupang, NTT, Kamis (21/7)/.ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/wsj.
17 March 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - HAKI adalah singkatan dari Hak Kekayaan Intelektual yang perlu dipahami seluruh pelaku usaha untuk mencegah terjadinya kerugian saat menciptakan suatu produk. Inovasi dan kreasi masyarakat kini kian luas dan beragam sesuai dengan minat masing-masing. Ada yang menyalurkannya dalam bentuk bisnis dengan menciptakan startup, membentuk sebuah brand baju, menciptakan lagu hingga membuat konten YouTube.

Namun, apakah kita paham agar tidak saling bersinggungan antara satu nama produk dan produk lainnya kita harus mendaftarkan HAKI. Di Indonesia, HAKI menjadi isu penting yang ditangani oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI). Lantas, apa saja jenis-jenis HAKI? Bagaimana cara untuk mendaftarkan HAKI?

Jenis-jenis HAKI

hak atas kekayaan intelektual atau HAKi salah satunya adalah merek dagang
ilustrasi hak atas kekayaan intelektual/unsplash.com/Markus Winkler)

Pertama-tama perlu diketahui bahwa objek yang diatur pada HAKI adalah karya yang dihasilkan oleh kemampuan intelektual manusia. Istilah HAKI berasal dari dari Intellectual Property Right (IPR) yang diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 1994 mengenai pengesahan WTO.

Secara garis besar, Hak Kekayaan Intelektual atau HAKI terbagi menjadi dua jenis, yaitu Hak Cipta dan Hak Kekayaan Industri.

1. Hak Cipta

Hak cipta biasanya diberikan khusus kepada pencipta agar mereka memiliki hak eksklusif untuk mengumumkan atau memperbanyak hasil ciptaannya. Sejumlah contoh dari hak cipta ialah dalam ruang lingkup bidang ilmu pengetahuan, kesenian, hingga kesusastraan.

2. Hak kekayaan industri 

Sementara itu, hak kekayaan industri juga merupakan hak yang melindungi suatu perusahaan dari berbagai macam plagiarisme. Berbagai jenis hak kekayaan industri mencakup paten, merek, desain industri, rahasia dagang, trade mark (TM), registered mark (R), hingga Copyright ©.

Manfaat HAKI

Seni adalah industri kreatif
ilustrasi industri kreatif (unsplash.com/ Matthieu Comoy)

Related Topics