Comscore Tracker
NEWS

10 Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia, Mencapai 900 Juta Rupiah

Tertarik untuk bekerja di negara ini?

10 Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia, Mencapai 900 Juta Rupiahilustrasi uang (pexels.com/pixabay)

by Surti Risanti

Terdapat beberapa negara dengan gaji tertinggi di dunia. Tak bisa dipungkiri, nominal gaji merupakan faktor yang menjadi pertimbangan seseorang untuk menerima sebuah pekerjaan.

Sistem penggajian di Indonesia sendiri ditentukan oleh Upah Minimum Kota (UMK) atau Upah Minimum Regional (UMR). 

Besaran nominal yang diterima tergantung setiap kota berbeda-beda. Hal ini dikarenakan biaya hidup pada setiap daerah berbeda-beda.

Sayangnya, pendapatan tersebut masih termasuk rendah dibandingkan dengan negara lainnya. Dilansir CareerAddict (6/9/2022), berikut 10 negara dengan gaji tertinggi di dunia.

1. Luksemburg

negara Luksemburg

Negara dengan gaji tertinggi di dunia pertama adalah negara Luksemburg. Adapun negara ini berfokus pada industri perbankan, layanan real estate, konstruksi, dan lainnya.

Meski populasinya termasuk kecil, yaitu 632 ribu jiwa, tetapi besarnya gaji di negara tersebut adalah US$68.681 atau Rp977,3 juta per tahun.

2. Islandia

negara Islandia

Negara Islandia memiliki pendapatan rata-rata pekerjaan sebesar US$68.006, bila dirupiahkan adalah sebesar Rp967,7 juta per tahun.

Islandia termasuk ke dalam negara dengan populasi terkecil, yaitu sebanyak 350 ribu jiwa saja. Adapun industri yang berperan untuk memajukan negara ini adalah perikanan, pertambangan, tenaga air, serta pariwisata.

3. Swiss

negara Swiss

Swiss adalah negara yang memberikan penawaran gaji yang besar kepada rakyatnya, yaitu senilai US$66.567  atau sama dengan Rp942,2 juta per tahun.

Negara dengan jumlah populasi 8,3 juta jiwa ini berhasil unggul dalam berbagai bidang industri, yakni mulai dari farmasi, pariwisata, keuangan, perbankan, coklat, hingga elektronik. Selain itu, banyak perusahaan multinasional terbaik di dunia yang berpusat di negara ini.

4. Amerika Serikat (AS)

bendera Amerika Serikat

Sebagai negara maju, rata-rata pekerja di negara Amerika Serikat digaji sebesar US$65.836 atau setara dengan Rp936,8 juta per tahun.

Apabila Anda tertarik untuk bekerja di negara ini, Anda harus memiliki visa kerja yang sesuai.

5. Denmark

negara Denmark

Negara dengan gaji tertinggi di dunia selanjutnya adalah Denmark, yaitu sebesar US$57.150 atau sama dengan Rp813,2 juta per tahun. Gaji besar tersebut diiringi pula dengan standar hidup yang tinggi di Denmark.

Pertumbuhan negara ini ditopang oleh beberapa sektor industri, yaitu mulai dari pertambangan, furniture, pembuatan kapal, logam, transportasi, hingga makanan dan minuman.

Selain itu, negara ini memberikan jaminan hak-hak karyawan dan upah yang begitu adil.

6. Belanda

negara Belanda

Negara Belanda memberikan kesejahteraan kepada penduduknya dengan gaji sebesar US$56.552 atau setara dengan Rp804,7 juta per tahun. 

Negara ini memiliki industri perikanan dan pertanian yang menopang pertumbuhan ekonomi. Selain itu, Belanda juga berfokus pada industri teknik listrik dan mesin yang canggih.

Banyak survei yang menunjukkan bahwa orang Belanda merasakan kenyamanan di negara ini karena sistem sekolah dan perawatan kesehatan yang dimiliki sangat baik.

7. Jerman

bendera Jerman

Jerman merupakan negara Eropa yang paling maju dan terkaya di dunia. Para pekerja di negara ini digaji sebesar US$56.368 , bila dirupiahkan sebesar Rp802,1 juta per tahun.

8. Belgia

negara Belgia

Negara dengan gaji tertinggi di dunia urutan kedelapan adalah Belgia. Gaji tahunan para pekerja di Belgia adalah US$55.590 atau setara dengan Rp791 juta per tahun. Negara ini memiliki standar hidup serta pendidikan yang begitu tinggi.

9. Australia

negara Australia

Rata-rata pendapatan pekerja di Australia adalah US$54.401 atau sama dengan Rp774,1 juta per tahun. 

Apabila Anda tertarik untuk bekerja disini, perlu diingat bahwa negara ini memiliki aturan imigrasi yang ketat dan hanya menerima pekerja yang ahli dibidangnya.

10. Norwegia

negara Norwergia

Norwegia menduduki peringkat ke sepuluh negara dengan gaji terbesar di dunia. Selain itu, tingkat kejahatan di negara ini juga sangat kecil dan menjadikan penduduknya sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia.

Adapun pekerja di Norwegia menerima upah sebesar US$54.027 atau setara Rp768,8 juta per tahun.

Itulah tadi 10 negara dengan gaji tertinggi di dunia. Perlu untuk diingat, gaji yang tinggi di negara tersebut biasanya diiringi pula dengan tingginya biaya hidup di sana.

Baca juga : 12 Negara Harga BBM Termahal di Dunia, Hingga Rp44 Ribu per Liter

Related Articles