NEWS

Profil PT Barito Pacific Tbk: Perusahaan Petrokima Energi Terkemuka

Menjadi perusahaan yang terbuka untuk publik.

Profil PT Barito Pacific Tbk: Perusahaan Petrokima Energi TerkemukaBarito Pacific (dok.barito pacific)
25 November 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

PT Barito Pacific Tbk (BRPT) adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang sumber daya alam di industri petrokimia dan energi. Selain itu, perusahaan ini terdaftar sebagai emiten di Bursa Efek Indonesia. Untuk mengenal perusahaan ini lebih lanjut, simak artikel selengkapnya di bawah ini.

Profil perusahaan PT Barito Pacific Tbk

Barito Pacific
ilustrasi perusahaan Barito Pacific (dok.Barito Pacific)

Pada awal didirikan 04 April 1979, PT Barito Pacific Tbk asal mulanya bernama PT Bumi Raya Pura Mas Kalimantan dan mulai beroperasi di tahun 1983. 

Perusahaan di bidang petrokimia dan energi ini didirikan oleh Prajogo Pangestu yang sekarang berprofesi sebagai Chairman dari perusahaan tersebut.

Perusahaan ini kemudian berkonversi menjadi perusahaan publik dan mencatatkan saham perdananya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 1 Oktober 1993. 

Perseroan yang bergerak di bidang sumber daya alam ini sempat beberapa kali mengalami pergantian nama, mulai dari PT  Bumi Raya Pura Mas Kalimantan menjadi PT Barito Pacific Tbk. Pada akhirnya, di tahun 2007, berubah lagi menjadi PT Barito Pacific Tbk.

Tercatat perusahaan ini juga pernah menjadi salah satu perusahan industri perkayuan terbesar di tanah air. Perusahaan ini menjadi salah satu pelopor pengelolaan Hutan Tanaman Industri (HTI) dengan menerapkan pengelolaan hutan yang ramah lingkungan.

Melakukan ekspansi dan mengakuisisi sejumlah perusahaan

Kerjasama antara dua orang
ilustrasi kerjasama (unsplash.com/Sebastian Herrmann)

Related Topics