Comscore Tracker
NEWS

Profil PT Barito Pacific Tbk: Perusahaan Petrokima Energi Terkemuka

Menjadi perusahaan yang terbuka untuk publik.

Profil PT Barito Pacific Tbk: Perusahaan Petrokima Energi TerkemukaBarito Pacific (dok.barito pacific)

by Surti Risanti

PT Barito Pacific Tbk (BRPT) adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang sumber daya alam di industri petrokimia dan energi. Selain itu, perusahaan ini terdaftar sebagai emiten di Bursa Efek Indonesia. Untuk mengenal perusahaan ini lebih lanjut, simak artikel selengkapnya di bawah ini.

Profil perusahaan PT Barito Pacific Tbk

Barito Pacific

Pada awal didirikan 04 April 1979, PT Barito Pacific Tbk asal mulanya bernama PT Bumi Raya Pura Mas Kalimantan dan mulai beroperasi di tahun 1983. 

Perusahaan di bidang petrokimia dan energi ini didirikan oleh Prajogo Pangestu yang sekarang berprofesi sebagai Chairman dari perusahaan tersebut.

Perusahaan ini kemudian berkonversi menjadi perusahaan publik dan mencatatkan saham perdananya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 1 Oktober 1993. 

Perseroan yang bergerak di bidang sumber daya alam ini sempat beberapa kali mengalami pergantian nama, mulai dari PT  Bumi Raya Pura Mas Kalimantan menjadi PT Barito Pacific Tbk. Pada akhirnya, di tahun 2007, berubah lagi menjadi PT Barito Pacific Tbk.

Tercatat perusahaan ini juga pernah menjadi salah satu perusahan industri perkayuan terbesar di tanah air. Perusahaan ini menjadi salah satu pelopor pengelolaan Hutan Tanaman Industri (HTI) dengan menerapkan pengelolaan hutan yang ramah lingkungan.

Melakukan ekspansi dan mengakuisisi sejumlah perusahaan

Kerjasama antara dua orang

PT Barito Pacific Tbk terus memperluas bisnisnya dengan cara melakukan ekspansi dan mengambil alih perusahaan polypropylene terkemuka di tanah air di tahun 2008, yakni PT Tri Polyta Indonesia Tbk.

Di tahun 2011, kedua perusahaan tersebut bergabung dan membentuk PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA). Ekspansi ini rupanya berhasil dan menjadi perusahaan Chandra Asri sebagai satu-satunya produsen petrokimia terbesar di Indonesia.

Tak hanya itu, pada 7 Juni 2018, perseroan juga mengakuisisi hampir sepenuhnya saham di Star Energy Holdings Pte. Ltd sebesar 66,67 persen, sebuah produsen listrik terbesar yang menggunakan tenaga panas bumi di Indonesia.

Melalui entitas anak perusahaannya, Barito Pacific berhasil menghasilkan sejumlah produk dan layanan di antaranya:

  • Bahan baku untuk industri plastik, di bagian hulu (PyGas, Ethylene, Mixed C4, dan Propylene) serta bagian hilir ( Polypropylene, Polyethylene, Styrene Monomer, dan Butadiene),
  • MTBE dan Butene-1,
  • Layanan sewa gedung perkantoran dan perhotelan,
  • Pembangkit listrik tenaga panas bumi.

Landasan PT Barito Pacific Tbk

Joint venture adalah kerjasama dengan menggabungan perusahaan

Dikutip laman resmi PT Barito Pacific Tbk, perusahaan memiliki filosofi operasi atau landasan yang menjadi panduan dalam bekerja. 

Landasan inilah yang menjadi kekuatan bagi perusahaan untuk menciptakan nilai bagi bisnis serta komunitas Barito Pacific. 

Di bawah ini sejumlah landasan PT Barito Pacific Tbk yang menjadi prinsip bagi perusahaan, antara lain:

1. Barito Pacific memobilisasi modal, bakat, serta gagasan dari seluruh komunitas di Grup Barito, bersama menjadi lebih kuat.

2. Perusahaan memiliki manajer keuangan yang berhati-hati dan disiplin. Penataan kelola perusahaan yang baik adalah tulang punggung bisnis Barito Pacific.

3. Perusahaan memiliki komitmen untuk kemajuan jangka panjang, terlepas dari gejolak pasar jangka pendek. Strategi penciptaan nilai jangka panjang yang berkelanjutan untuk membangun nilai intrinsik.

4. Perusahaan menghubungkan dan memberdayakan orang dan mitra untuk mencapai potensi penuh mereka. Kepemimpinan adalah tentang memungkinkan potensi penuh pada orang lain.

5. Perusahaan menciptakan dampak di luar keuntungan finansial bagi perusahaan tempat kita berinvestasi dan masyarakat tempat kita beroperasi. Dampak positifnya adalah bagaimana kita mengukur kesuksesan kita.

Data kepemilikan saham PT Barito Pacific Tbk

Membaca pergerakan saham dengan grafik candlestick

Adapun kepemilikan saham di perusahaan ini sebesar 57 persen dari investor lokal dan 43 persen berasal dari investor asing. Adapun kepemilikan saham lokal dominan dimiliki oleh perorangan sebanyak 89 persen.

Itulah tadi profil perusahaan PT Barito Pacific Tbk salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia. Perusahaan ini juga terbuka untuk publik bagi Anda yang ingin menanamkan saham di sini.

Related Articles