NEWS

Akira Toriyama, Kreator Komik Dragon Ball Meninggal Dunia

Ini sejumlah judul karya Akira Toriyama.

Akira Toriyama, Kreator Komik Dragon Ball Meninggal DuniaAkira Toriyama, kreator Dragon Ball. (Dragon Ball Wiki)
08 March 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Kreator Dragon Ball, Akira Toriyama, meninggal dunia di usia ke-68. Informasi itu diumumkan pada Jumat (8/3).

Ia tutup usia pada 1 Maret 2024. Menurut situs web resmi Dragon Ball, pemakaman kreator asal Jepang itu sudah diadakan oleh keluarga dan beberapa sanak saudaranya. 

"Mengikuti keinginannya, dengan hormat kami informasikan, kami tak akan menerima bunga, hadiah belasungkawa, kunjungan, sesaji, dan lain-lain. Selain itu, kami meminta Anda untuk tidak melakukan wawancara dengan keluarganya," tulis pihak Bird Studio, Capsule Corporation Tokyo dalam keterangan resminya.

Meski sudah tiada, Toriyama telah meninggalkan karya di dunia komik Jepang, seiring dengan kariernya yang sudah berjalan selama 45 tahun lamanya.

Nama Akira Toriyama sendiri semakin melejit secara luas sejak menciptakan serial Dragon Ball pada 1984. Terbit di Shueisha milik majalah Weekly Shonen Jump hingga 1995, komik itu pernah mencatatkan penjualan nomor satu sepanjang massa.

Bahkan, saking fenomenalnya, judul serial itu disejajarkan dengan kategori yang sama dengan Star Wars oleh Olivier Richard, penulis buku biografi Akira Toriyama: Master of Manga. Penulis asal Prancis itu merangkum kisah di balik kehidupan, karier, hingga kesuksesan Toriyama di dalamnya.

"Manga Akira Toriyama telah memikat jutaan anak, remaja, dan dewasa muda yang mengikuti petualangan Son Goku, pahlawan menarik dan karismatik dari mitos modern sejati, dengan semangat membara," demikian menurut Richard dalam kata pengantar bukunya.

Namun, Akira Toriyama bukan hanya membuat Dragon Ball. Apa lagi karya Akira Toriyama lainnya? Ia juga menulis serial Dr. Slump, serial yang ditulis pada 1980, sebuah karya debut yang membuatnya populer.

Selain itu, ada pula judul-judul yang kurang dikenal lainnya, seperti Wolf, Pola & Roid, dan Kajika. Karya-karya manga terbarunya, antara lain: Kajika, COWA!, Neko Majin, Sand Land, dan sebuah buku anak-anak berjudul Toccio the Angel.

Tak hanya itu, ia pun dikenal karena sejumlah karya desain dalam video gim seperti Dragon Quest, Chrono Trigger, Tobal No. 1, dan Blue Dragon.

Related Topics