NEWS

Bisakah Moderna dan Pfizer Diberikan ke Anak 12-18 Tahun?

Indonesia telah memiliki pasokan vaksin Moderna dan Pfizer!

Bisakah Moderna dan Pfizer Diberikan ke Anak 12-18 Tahun?ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

by Tanayastri Dini Isna KH

22 August 2021

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Setelah 1,5 juta dosis vaksin Pfizer mendarat di Indonesia pada Kamis (19/8), negeri ini jadi memiliki dua vaksin mRNA, dengan Moderna sebagai yang pertama.

Lewat skema pembelian langsung, 1.560.780 dosis vaksin Pfizer siap didistribusikan ke seluruh provinsi. “Diharapkan, hingga akhir tahun ini, kita mendapatkan 50 juta dosis Pfizer,” ujar Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, dalam keterangan resmi, Jumat (20/8).

Sebelumnya, Indonesia telah memiliki 8.000.160 vaksin Moderna per Senin (16/9), demikian pernyataan Juru Bicara Pemerintah dalam urusan Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro.

Dengan begitu, kini masyarakat memiliki dua pilihan vaksin mRNA. Pertanyaannya, apakah Pfizer dan Moderna dapat disuntikkan ke semua usia, termasuk anak dengan rentang usia 12 hingga 18?

1. Masih difokuskan untuk masyarakat di atas 18 tahun

Vaksin Pfizer tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kamis (19/8).ANTARA FOTO/Fauzan

Untuk saat ini, Pfizer dan Moderna diperuntukkan untuk masyarakat berumur  di atas 18. 

Kepada Fortune Indonesia, Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi berujar, “sampai saat ini, rencana (pemberian vaksin Pfizer) untuk masyarakat 18 tahun ke atas dan ibu hamil.”

Menurut Nadia, vaksin Moderna dosis satu dan dua juga belum dapat diberikan kepada anak di bawah 18 tahun sebab belum ada izin penyuntikkan vaksin Pfizer dan Moderna untuk anak di Indonesia hingga saat ini.

Berdasar rekomendasi Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization/ITAGI), baru Sinovac saja yang boleh diberikan kepada anak. Dosisnya 0,5 ml dengan dua kali injeksi dan interval minimal 28 hari.

Ditanya menyoal potensi penggunaan Moderna dan Pfizer untuk anak-anak di Indonesia ke depannya, Nadia menjawab, “kita tunggu rekomendasi ITAGI.”

2. Negara-negara yang izinkan Moderna dan Pfizer untuk anak

Ilustrasi vaksin Covid-19. (Pixabay)