NEWS

Konser dan Film Laris, Taylor Swift Resmi Jadi Miliarder!

Berapa jumlah kekayaan bersih Taylor Swift?

Konser dan Film Laris, Taylor Swift Resmi Jadi Miliarder!ilustrasi Taylor Swift (instagram.com/taylorswift)
27 October 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Taylor Swift resmi menjadi miliarder setelah hampir dua dekade menjadi musisi dengan kumpulan musik terkenalnya. Berapa kekayaan Taylor Swift sekarang?

Berdasarkan data Bloomberg, kekayaan bersih Swift diperkirakan sebesar US$1,1 miliar, yang sebagiannya datang dari konser Eras Tour yang berjumlah 146 kali secara global.

Bahkan, Bloomberg Economics melaporkan, konser solo Taylor Swift itu berkontribusi menambah US$4,3 miliar terhadap produk domestik bruto Amerika Serikat (AS), sebagaimana diwartakan oleh Business Insider.

Selain hasil dari pertunjukan, harta Taylor Swift juga berasal dari kumpulan diskografi musiknya yang banyak didengarkan secara global, lima rumah, pendapatan dari kerja sama dengan platform streaming, penjualan musik, tiket konser, dan juga penjualan merchandise.

Adapun, pada Juli 2023, analisis kekayaan Forbes mengestimasikan harta Taylor Swift berjumlah lebih dari US$740 juta. Itu terdiri dari real estate senilai lebih US$80 juta, dua  jet pribadi, juga restoran mewah.

Di Spotify, total pendengar bulanan Taylor Swift mencapai 101,40 juta saat ini. Lagu-lagu populernya didengarkan lebih dari 1 miliar kali, di antaranya: Cruel Summer, Blank Space, Anti-HeroAugust, dan Lover.

Rekor film tur konser Taylor Swift

Taylor Swift
ilustrasi Taylor Swift (instagram.com/taylorwsift)

Film tur konser Taylor Swift, Taylor Swift: The Eras Tour sebelumnya mencetak sejarah karena jadi salah satu film konser dengan pendapatan tertinggi sepanjang sejarah. Penjualan tiketn di akhir pekannya berjumlah US$92,8 juta di bioskop-bioskop Amerika dan Kanada, sebagaimana dikutip dari Fortune.com.

Boxoffice Pro bahkan memproyeksikan film tur konser Taylor Swift bisa menghimpun pendapatan di kisaran US$105 juta sampai dengan US$145 juta. Sementara itu, Comscore memprediksi film itu dapat mengantongi US$32 juta dari bioskop secara global.

Adapun, Eras Tour tak memanfaatkan distribusi lewat studio, tetapi operator bioskop terbesar dunia, AMC Entertainment Holdings Inc. Swift dan AMC kemungkinan bakal mengantongi 57 persen dari penjualan box office.

Tak hanya sekadar menyaksikan film, para penggemar Taylor Swift, Swifties, bisa membeli merchandise khusus Eras Tour berupa wadah popcorn, cangkir, dan tas. Bloomberg Economics melaporkan, belanja konsumen para penggemar Swift dan superstar lain, Beyonce, menyumbang US$5,4 miliar terhadap produk domestik bruto Amerika pada kuartal III 2023.

Rerata penggemar Swift merogoh kocek lebih dari US$1.500 demi menghadiri konser langsung penyanyi favorit mereka. Itu termasuk untuk membeli tiket, akomodasi hotel, penerbangan, dan makanan. 

Related Topics