NEWS

Ini Rekomendasi Aplikasi untuk Mengasah Public Speaking

Kembangkan kemampuan public speaking dengan 5 aplikasi ini.

Ini Rekomendasi Aplikasi untuk Mengasah Public SpeakingIlustrasi Public Speaking (Freepik)
10 June 2024

Mampu berbicara di depan umum adalah keterampilan yang sangat berharga dalam dunia modern yang terhubung secara global. 

Baik itu untuk presentasi di tempat kerja, pidato di acara publik, atau bahkan untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam berkomunikasi sehari-hari, kemampuan public speaking sangatlah penting. 

Untungnya, dengan kemajuan teknologi, ada banyak aplikasi yang dirancang khusus untuk membantu Anda mengasah keterampilan berbicara di depan umum. 

Berikut lima aplikasi terbaik yang dapat menjadi mitra Anda dalam perjalanan meningkatkan kemampuan public speaking.

1. Speeko - Public Speaking Coach

Speeko adalah salah satu aplikasi yang menyediakan pelatihan khusus untuk meningkatkan kemampuan public speaking Anda. 

Dengan berbagai fitur, termasuk latihan untuk memperbaiki intonasi suara, kecepatan berbicara, dan penggunaan filler words, Speeko membantu Anda menjadi pembicara yang lebih percaya diri dan efektif.

2. TED

TED Talk adalah sumber inspirasi yang tak ternilai dalam meningkatkan kemampuan public speaking. Aplikasi resmi TED memberikan akses mudah ke ribuan video presentasi dari para ahli, aktivis, dan tokoh terkenal di berbagai bidang. 

Dengan menonton dan mempelajari gaya berbicara mereka, Anda dapat mengembangkan teknik dan strategi baru untuk meningkatkan kemampuan public speaking Anda.

3. LikeSo

Salah satu tantangan terbesar dalam berbicara di depan umum adalah menghindari penggunaan kata pengisi (filler words) seperti "uh", "um", atau "like". LikeSo adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk membantu Anda mengatasi masalah ini. 

Dengan fitur pelatihan yang interaktif, LikeSo membantu Anda mengidentifikasi dan mengurangi penggunaan kata pengisi yang tidak perlu, sehingga membuat presentasi Anda lebih lancar dan efektif.

4. Voice Analyst

Bagi banyak orang, intonasi suara adalah kunci untuk membuat presentasi yang menarik dan menghantarkan pesan dengan kuat. Voice Analyst adalah aplikasi yang membantu Anda memahami dan meningkatkan intonasi suara Anda. 

Dengan fitur analisis yang canggih, aplikasi ini memberikan umpan balik real-time tentang penggunaan nada suara, kecepatan berbicara, dan variabilitas vokal Anda, sehingga memungkinkan Anda untuk mengasah kemampuan berbicara Anda dengan lebih efektif.

5. Duolingo

Mungkin terdengar tidak terkait, namun, belajar bahasa asing juga dapat membantu meningkatkan kemampuan public speaking Anda. 

Duolingo adalah salah satu aplikasi pembelajaran bahasa terpopuler yang menyediakan latihan interaktif untuk memperluas kosakata, tata bahasa, dan kemampuan berbicara dalam berbagai bahasa. 

Dengan menguasai bahasa asing, Anda akan menjadi lebih fleksibel dalam berbicara di depan umum dan menghadapi berbagai situasi komunikasi.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.