TECH

Kombinasi Mematikan Robot dan Senjata Masa Depan

Senjata SPUR dipadukan dengan teknologi robot berkaki empat.

Kombinasi Mematikan Robot dan Senjata Masa DepanSalah satu varian Quadruped Robot Militer. (Wikimedia)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

15 October 2021

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Perusahaan teknologi Ghost Robotics terus berimprovisasi pada robot berkaki empat yang juga disebut Quadrupedal Robot. Inovasi masa depan ini diterapkan dalam unit Vision 60, yakni kombinasi robot menyerupai anjing dengan senjata khusus keluaran Sword International. Kecanggihan ini dipamerkan pertama kali dalam konferensi tahunan Asosiasi Angkatan Darat Amerika Serikat 2021, Washington DC, 11-13 Oktober 2021.

Seperti dilansir The Verge (14/10), kombinasi unik yang mematikan ini menyatukan senapan tak berawak tujuan khusus (special purpose unmanned rifle/SPUR) dengan platform robot berkaki empat yang gesit dan mampu melintasi berbagai medan. Namun demikian, masih belum dapat dipastikan apakah penggabungan teknologi akan benar-benar dipasarkan.

SPUR memang dirancang untuk melengkapi berbagai jenis robot dengan senjata berdaya jangkau 1.200 meter yang disempurnakan oleh zoom optik 30x serta kamera termal untuk target dalam gelap. Sword International diketahui tengah berinovasi dengan sistem senjata masa depan tanpa awak.

Penggunaan robot berkaki empat untuk kepentingan militer

Penampakan Vision 60Penampakan Vision 60 (IG @swordinternational)

The Verge menuliskan bahwa Quadrupedal Robot keluaran Ghost Robotics sudah diuji oleh militer Amerika Serikan (AS). Tahun lalu, Pasukan Keamanan ke-325 di Pangkalan Angkatan Udara Tyndall di Florida menjadi unit pertama di Departemen Pertahanan yang menggunakan robot berkaki empat dalam operasi reguler.

Jiren Parikh, CEO Ghost Robotics, mengatakan pihak militer AS menggunakan robot-robot tersebut untuk berpatroli di batas-batas pangkalannya. “Robot ini menavigasi daerah rawa yang mungkin dilalui manusia maupun kendaraan,” ujarnya dalam The Verge.

Sejauh ini, pengintaian memang hal yang paling mungkin dilakukan oleh robot-robot berkaki empat ini dalam membantu aktivitas militer. Namun, nampaknya beberapa produsen robot secara perlahan mulai bereksperimen dengan muatan lain.

Selain melengkapi Quadrupedal Robot dengan video dan pemetaan jarak jauh, mesin tersebut juga dapat digunakan sebagai menara seluler, penjinak bom, atau mendeteksi materi kimia, biologi, radiologi, dan nuklir (CBRN). Bahkan, robot anjing bisa menjadi senjata itu sendiri.

Pro dan kontra penggunaan robot pembunuh

Tampilan Vision 60Tampilan Vision 60 (IG @swordinternational)

Related Topics