Comscore Tracker
TECH

10 Aplikasi dan Platform Bayar Zakat Online Terpercaya

Membayar zakat secara online hemat waktu dan hukumnya sah.

10 Aplikasi dan Platform Bayar Zakat Online TerpercayaIlustrasi aplikasi dan platform untuk bayar zakat online/zakat.or.id

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap muslim di bulan Ramadan sebelum Idul Fitri yakni membayarkan zakat fitrah. Aplikasi dan platform bayar zakat online dapat ini membantu Anda dalam membayar kewajiban zakat saat Ramadan nanti. Tentunya langkah ini membantu kita dalam efisiensi waktu.

Dikutip dari laman resmi Baznas, baznas.go.id, zakat fitrah dibayarkan untuk mensucikan diri setelah menunaikan ibadah di bulan Ramadhan. Selain itu, zakat fitrah juga bisa dimaknai sebagai bentuk kepedulian terhadap orang yang kurang mampu. Sehingga harapannya, rasa kemenangan dan kebahagiaan dapat dirasakan oleh semua orang termasuk masyarakat miskin dan kekurangan. 

Untuk besaran zakat fitrah, di Indonesia setara dengan beras atau makanan pokok dengan berat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa. Ketentuan tersebut sama untuk seluruh wilayah di Indonesia. Namun, bila diuangkan, jumlahnya akan berbeda-beda di setiap wilayah. 

Manager Digital Fundraising Baznas RI Fahrudin, mengatakan pembayaran zakat secara online sudah bisa dilakukan di Indonesia sejak tahun 2016.

“Sejak tahun 2016, Baznas (Badan Zakat Nasional) dari sisi platform digital terus mengupayakan terkait kemudahan dan kenyamanan membayar zakat secara online. Dan peningkatan setiap tahunnya mencapai 30 persen,” ungkapnya dalam acara #LangkahMenujuBerkah Ramadhan bersama OY! Indonesia," Rabu (30/3).

Terkait keabsahan dalam hukum Islam, menurutnya membayar secara online tetap sah. “Jadi pada prinsipnya, pembayaran online hanya sarana untuk pembayaran saja. Tetapi dari syariat Islam, itu tetap sah,” kata Fahrudin.

Kini, masyarakat dapat membayarkan zakat fitrah melalui aplikasi dan platform bayar zakat online. Pembayaran secara online bisa dilakukan melalui aplikasi resmi dan platform terpercaya berikut ini.

1. KitaBisa

Platform ini menjadi salah satu aplikasi bayar zakat online yang bisa Anda coba. Seperti kita ketahui, kita bisa juga merupakan platform yang juga digunakan untuk berdonasi. 

Pada aplikasi KitaBisa, pembayaran dan perhitungan zakat profesi bisa dilakukan secara maal. 

Caranya, Anda cukup membuka situsnya, lalu memilih fitur zakat dan memilih fitur 'hitung zakatmu sekarang'. Selanjutnya, Anda cukup memasukkan jumlah pendapatan di kolom yang ada di fitur itu. 

2. Amalin

Selain pada platform KitaBisa, Amalin merupakan aplikasi Android buatan Rumah Amal. Aplikasi itu juga memiliki fitur untuk menghitung dan membayar zakat profesi atau maal.

Di aplikasi Amalin disediakan beragam fitur yang terkait, salah satunya alarm zakat. Alarm itu juga bisa diaktifkan secara manual, untuk kebutuhan yang lebih personal.

Ada pula fitur donasi yang bisa disalurkan untuk berbagai keperluan misalnya pelayanan untuk dhuafa hingga aksi peduli kemanusiaan. Aplikasi Amalin telah diunduh lebih dari ribuan kali di Play Store.


 

3. Indonesia Dermawan

Pada IOS, aplikasi ini memiliki rating 4,9. Artinya aplikasi ini telah dipercaya oleh sejumlah orang. Selain itu aplikasi ini juga memiliki fitur update layaknya sistem smartphone Anda.

Aplikasi yang dimiliki Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) memiliki ukuran 30,8 mb. 

4. Tokopedia

Bukan hanya sekedar belanja. Unicorn ini ternyata memiliki fitur untuk pembayaran zakat online baik fitrah maupun maal. Anda bisa memilih pembayaran melalui aplikasi ini. 

Caranya cukup mudah dengan mengisi nama sebelum menuju pembayaran. Terdapat informasi besaran zakat fitrah yang harus dibayarkan setiap orang.

Selain itu, untuk zakat maal, Tokopedia menyediakan kalkulator untuk menghitung besaran zakat maal yang harus dibayarkan. Seperti yang lain, Tokopedia menjalin kerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) hingga Dompet Dhuafa dalam menyalurkan zakat yang diterima.

5. Bukalapak

Bukalapak kini telah memiliki fitur BukaZakat yang bisa digunakan untuk menghitung dan membayarkan zakat penghasilan (profesi), zakat fitrah, dan zakat harta (maal). 

Mereka juga bekerjasama dengan Baznas, Lazisnu Nahdlatul Ulama (NU), Lazismu Muhammadiyah, hingga PZU Persatuan Islam (Persis). Selain memiliki akun untuk membayar zakat. Aplikasi ini juga memiliki kalkulator zakat untuk membantu menghitung zakat yang harus dibayarkan dan biasa digunakan untuk zakat penghasilan. 

6. LinkAja

Aplikasi perbankan ini memiliki fitur berbagi yang dimanfaatkan untuk berbayar zakat. Fitur ini ditujukan untuk memberikan donasi, zakat, dan sedekah. Dompet digital ini telah bekerja sama dengan lembaga resmi yang mendapatkan izin, antara lain BAZNAS, Dompet Dhuafa, dan Rumah Zakat.

7. Gojek

Selain penyedia jasa transportasi darling, Gojek juga menyediakan fitur GoGive yang dimanfaatkan untuk membayar zakat maupun berdonasi. Caranya cukup mudah, salah satunya untuk membawa Anda ke beberapa pilihan zakat yang akan dibayarkan. 

Selain itu, melalui fitur pembayaran zakat fitrah, zakat untuk anak yatim, serta zakat untuk lansia dan dhuafa telah tersedia. Lembaga resmi yang bekerja sama dengan Gojek untuk menyalurkan zakat antara lain BAZNAS, Dompet Dhuafa, Kitabisa, dan Griya Yatim dan Dhuafa.

8. Laman resmi Baznas

Baznas memberi kesempatan masyarakat untuk mencoba layanan bayar zakat fitrah online. Caranya dengan mengunjungi situs https://baznas.go.id/bayarzakat. Kemudian isi informasi yang dibutuhkan, seperti jenis zakat hingga jumlah jiwa yang ingin dibayar.

Selanjutnya, pilih metode pembayaran yang ingin digunakan. Terakhir, baca niat pembayaran zakat fitrah yang terdapat pada laman tersebut dan klik 'lanjutkan pembayaran'. Terakhir, konfirmasi pembayaran dengan mengikuti panduan.

9. Rumah Zakat

Rumah Zakat bisa menjadi alternatif membayar zakat secara online. Caranya buka laman https://www.rumahzakat.org/donasi. Kemudian pilih menu 'Zakat', jenis 'Zakat Fitrah', dan tentukan nominal jumlah jiwa yang akan dibayarkan zakatnya

Setelah itu, klik 'Bayar Sekarang' dan lengkapi data pribadi Anda. Selanjutnya, pilih notifikasi pembayaran zakat untuk dikirimkan via email atau SMS

Terdapat beberapa metode yang tersedia. Mulai dari virtual account, kartu kredit, dan pembayaran melalui e-wallet. Selain itu tersedia pula pembayaran melalui Alfamart dan Bank Transfer, lalu klik 'Bayar Sekarang'.

10. Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa  bisa menjadi alternatif membayar zakat secara online. Caranya, buka laman https://donasi.dompetdhuafa.org

Pilih jenis donasi 'Zakat' Lalu pilih 'Zakat Fitrah' untuk kolom pengkhususan donasi. Selanjutnya, isi jumlah zakat fitrah sesuai nominal yang sudah diperhitungkan. Lalu isi profil donatur dengan lengkap, termasuk alamat email dan nomor telepon. 

Selanjutnya, pilih metode pembayaran. Anda bisa membayar melalui transfer bank dan beberapa e-wallet. Klik 'Bayar Sekarang'.

Itulah tadi aplikasi dan platform bayar zakat online yang bisa Anda coba. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Related Articles