Comscore Tracker
TECH

Cara Keluar Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan Anggota Lain

Berlaku untuk iOS dan Android.

Cara Keluar Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan Anggota Lainilustrasi whatsapp bisnis (pexels.com/Anton)

by Eko Wahyudi

Jakarta, FORTUNE - WhatsApp menggulirkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk keluar dari grup tanpa ketahuan anggota lain, tanpa notifikasi. Sebelumnya, jika ada yang keluar, anggota lain dapat melihat notifikasi pada ruang obrolan berupa tulisan “)nomor/nama kontak) keluar (left)”. Dengan hadirnya fitur ini, Anda tidak perlu sungkan lagi untuk hengkang dari grup WhatsApp yang Anda anggap meresahkan.

Induk perusahaan WhatsApp, Meta, telah mengumumkan fitur keluar dari grup secara diam-diam ini pada awal Agustus 2022. Namun, fitur tersebut baru ditambahkan ke aplikasi sekitar akhir September 2022.

Fitur ini hadir lebih awal pada sistem operasi Android, yakni sekitar 30 September, melalui versi aplikasi WhatsApp 2.22.20.79. Kemudian pada 4 Oktober, fitur tersebut hadir untuk iOS via versi aplikasi 22.20.75.

Cara keluar grup WhatsApp tanpa diketahui

Jika Anda ingin mencoba fitur ini, simak langkah-langkah ini. Namun, sebelumnya, pastikan Anda telah memiliki versi aplikasi WhatsApp terbaru, baik untuk iOS maupun Android.

  1. Buka ruang obrolan grup WhatsApp
  2. Lalu klik nama grup yang tertera di bagian atas ruang obrolan
  3. Setelah halaman profil grup WhatsApp telah terbuka, gulir ke bawah dan klik opsi "Keluar dari Grup" atau "Exit Group"
  4. Selesai mengetuk opsi tersebut, pengguna akan keluar dari grup WhatsApp tanpa muncul notifikasi pada ruang chat sehingga takkan diketahui oleh anggota lainnya.

Kini, pemberitahuan tersebut tidak akan ditampilkan pada anggota lain di grup versi aplikasi WhatsApp terbaru sehingga pengguna dapat keluar grup tanpa ketahuan.
 

Cara lihat peserta sebelumnya

Aplikasi media sosial di ponsel Android. Shutterstock/TY Lim.

Meski demikian, admin grup masih mendapat pemberitahuan bila anggotanya ada yang keluar. Ini berarti pengguna yang keluar tidak benar-benar keluar grup tanpa diketahui siapa pun.

Selain itu, riwayat aktivitas keluar grup juga masih dapat dilihat oleh anggota lainnya.

Dengan demikian, anggota lain dapat melihat siapa saja anggota yang telah keluar dari grup WhatsApp melalui opsi terbarunya "View Past Participants" atau "Lihat Peserta Sebelumnya".

Pada opsi ini, anggota lain dapat melihat kapan peserta keluar dari grup WhatsApp.

Opsi "View Past Participants" menyajikan informasi anggota yang meninggalkan grup baik keluar sendiri atau dikeluarkan dalam kurun waktu 60 hari terakhir.

Untuk mengaksesnya, Anda cukup membuka halaman profil grup dan gulir ke bawah hingga menemukan opsi tersebut.

 

Related Topics

Related Articles