Comscore Tracker
TECH

Pengguna Kini Bisa Gabung 'Video Call' Grup WhatsApp Kapan Saja

Fitur baru ini dinamakan joinable call.

Pengguna Kini Bisa Gabung 'Video Call' Grup WhatsApp Kapan SajaShutterstock_PixieMe

by Hendra Friana

Jakarta, FORTUNE - Platform pesan instan WhatsApp mengumumkan fitur baru yang memudahkan penggunanya bergabung dalam panggilan grup video kapan saja. Fitur yang dinamakan joinable call ini diluncurkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna seiring meningkatnya popularitas panggilan grup.

"Fitur ini menghadirkan spontanitas serta kemudahan dalam percakapan tatap muka ke panggilan grup di WhatsApp," demikian WhatsApp dalam keterangan resmi, Selasa (20/7).

Joinable call memungkinkan pengguna masuk di tengah-tengah sesi panggilan video grup. Pengguna juga tidak harus menjawab panggilan ketika pertemuan jarak jauh tersebut dimulai. 

"Dengan fitur ini jika seseorang dari grup Anda melewatkan panggilan grup saat panggilan berdering, pengguna tersebut masih dapat bergabung kapan pun. Anda juga dapat keluar dan bergabung kembali selama panggilan masih berlangsung," begitu informasi dari WhatsApp.

Panggilan video atau video call di WhatsApp dapat menampung sampai dengan delapan orang. Saat menerima panggilan video grup, pengguna akan melihat notifikasi berisi peserta yang ikut pertemuan tersebut.

Kontak yang pertama dicantumkan adalah orang yang menambahkan ke panggilan video tersebut. "Ketuk gabung atau join untuk mengikuti panggilan video tersebut. Jika panggilan tersebut tidak terjawab atau menjadi missed call pengguna bisa melihat di tab histori call atau panggilan," tulis WhatsApp dalam situsnya.

Jika panggilan video itu masih berlangsung maka pengguna bisa mengetuknya untuk bergabung. Saat panggilan video grup berlangsung, pengguna juga memiliki opsi untuk mematikan video dengan mengetuk ikon kamera yang ada di layar.

Kemudian, pengguna juga bisa keluar kemudian bergabung kembali jika panggilan masih berlangsung. "Pastikan Anda dan kontak Anda menggunakan koneksi Internet yang kuat saat melakukan atau menerima panggilan video grup. Kualitas panggilan video akan tergantung pada kontak dengan koneksi paling lemah," imbuh WhatsApp.

Selain itu, meskipun memungkinkan untuk berada dalam panggilan video grup dengan seseorang yang telah diblokir, pengguna tidak dapat menambahkan kontak terblokir atau yang telah memblokirnya ke dalam panggilan.

Sebagai catatan tambahan, fitur joinable call tersedia untuk sistem operasi Android minimal versi Jelly Bean 4.1.

Related Articles