TECH

Bocoran Fitur iOS 18, Bakal Bawa Banyak Perubahan?

Apple mengembangkan fitur berbasis AI

Bocoran Fitur iOS 18, Bakal Bawa Banyak Perubahan?Ilustrasi tampilan iOS (Unsplash/@stm_2790)
26 February 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Tahun 2024 menjadi tahun di mana iOS 18 akan dirilis bersamaan dengan iPhone 16 Series.

Meskipun Apple belum mengungkapkan fitur barunya, tetapi sudah ada beberapa rumor mengenai Fitur IOS 18 yang disebut sebagai upgrade terbesar Apple.

Dalam bocoran fitur ini, Apple tampaknya akan banyak memanfaatkan AI yang akan membuat pengalaman pengguna semakin meningkat.

Lantas, apa saja prediksi fitur iOS 18 yang akan dirilis? Simak ulasannya berikut ini!

Prediksi fitur yang akan hadir di iOS 18

Meski tanggal peluncuran masih cukup lama, beberapa rumor terkait fitur iOS 18 sudah mulai bermunculan dan digadang-gadang akan dihadirkan Apple pada tahun ini.

AI menjadi “menu utama” dalam pembaruan iOS versi 18, mengingat Apple saat ini cukup tertinggal dari pesaingnya seperti Google yang telah mengadopsi AI pada sistem operasi Android.

Jika Apple benar-benar akan merombak fitur iOS dengan tambahan AI, tentu ini akan menjadi upgrade besar yang patut diapresiasi.

Untuk mengetahui bocoran fitur iOS 18, Fortune Indonesia telah merangkumnya dari MacRumors dalam ulasan di bawah ini, antara lain:

1. Generative AI

Dengan dikembangkannya Generative AI pada iOS 18, Apple akan menjadi pesaing baru bagi perusahaan yang telah mengadopsinya lebih dulu, seperti Microsoft, Google, Amazon, dan OpenAI.

Kabarnya, Apple sedang memperdebatkan pilihan antara membatasi Generative AI pada perangkat atau menjalankannya melalui cloud.

Pasalnya, pendekatan pada perangkat disebut-sebut lebih aman, dan Apple lebih memprioritaskan keamanan.

Namun, Apple juga memiliki opsi untuk menjalankannya secara hybrid dengan beberapa fungsi berbasis cloud, dan beberapa data sensitif akan dikelola di perangkat.

Untuk memaksimalkan kinerja pada fitur ini, perusahaan berlogo apel ini juga sedang membangun server AI pada tahun 2023 dan 2024 dan akan siap untuk menjalankan fungsi AI pada akhir tahun ini, tepat pada saat iOS 18 dirilis secara publik pada bulan September.

Beberapa aplikasi yang nantinya akan merasakan fitur generative AI adalah Apple Music, Pages, hingga Keynote.

2. Siri

Mark Gurman dari Bloomberg mengungkap bahwa salah satu fitur yang akan akan hadir pada iOS 18 salah satunya adalah peningkatan kemampuan Siri.

Kemampuan Siri yang akan ditingkatkan ini membuatnya lebih efektif pada saat menjawab setiap pertanyaan dan mengisi kalimat secara otomatis.

Seperti diketahui, kepopuleran AI meningkat pada tahun 2022 ketika OpenAI merilis ChatGPT, sebuah chatbot yang mampu menjawab pertanyaan dan perintah.

Teknologi tersebut menggunakan large language model (LLM) yang memungkinkannya untuk merespon layaknya manusia.

Sementara itu, The Information juga membeberkan Apple berencana menyertakan LLM ke dalam Siri.

Kabarnya, fitur ini akan dirilis pada saat pembaruan sistem tahun 2024, yang artinya adalah iOS 18.

3. Dukungan RCS pada aplikasi Pesan

Rich Communication Services (RCS) adalah protokol komunikasi yang diadopsi Google, sebuah fitur yang membuat pengalaman berkomunikasi antara perangkat iPhone dengan Android lebih nyaman.

Nantinya, fitur ini akan disematkan Apple ke dalam iMessage, dan membawa sejumlah peningkatan, seperti resolusi foto dan video; pesan audio; indikator pengetikan; tanda terima baca; kemampuan pesan Wi-Fi antara perangkat Android dan iPhone; peningkatan enkripsi, dan sebagainya.

Kapan iOS 18 Rilis?

iOS 18 akan dirilis bulan September tahun ini, bersamaan dengan peluncuran iPhone 16 Series. Namun, versi beta-nya akan diluncurkan dalam gelaran Worldwide Developers Conference (WWDC) bulan Juni 2024.

Sementara itu, terkait perangkat iPhone apa saja yang akan mendapatkan iOS 18 juga belum diketahui secara resmi.

Namun, asumsi beberapa sumber mengatakan bahwa setiap perangkat iPhone yang saat ini menerima iOS 17 diprediksi akan mendapatkan pembaruan iOS 18.

Dalam hal ini, artinya seluruh iPhone, mulai dari XR, XS, atau SE generasi kedua hingga yang bakal dirilis September nanti, yaitu iPhone 16, akan berhak menerima pembaruan iOS terbaru versi 18.

Related Topics