Comscore Tracker
TECH

98% Tiket Ludes Terjual, Startup Goers Dukung Formula E Jakarta 2022

Goers menyediakan teknologi digitalisasi event.

98% Tiket Ludes Terjual, Startup Goers Dukung Formula E Jakarta 2022Ofisial tim Dragon Racing menyiapkan mobil balap listrik Sette Camara jelang balapan Formula E Jakarta di Jakarta International E-Prix Circuit (JEIC) Ancol, Jakarta, Jumat (3/6/2022). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE – Ajang balapan Jakarta E-Prix 2022 atau Formula E akan segera digelar di Taman Impian Jaya Ancol, Sabtu (4/6). Goers, startup aplikasi event dan manajemen tiket sekaligus mitra penjualan tiket resmi, menyebutkan 98 persen tiket kategori sirkuit telah resmi terjual.

Menurut Co-founder & CEO Goers, Sammy Ramadhan, tiket Jakarta E-Prix yang hampir ludes tersebut menunjukkan perubahan tingkah laku masyarakat Indonesia.

“Kalau dulu budayanya adalah go show, sekarang orang sudah lebih terbiasa merencanakan aktivitasnya, dan membeli tiket aktivitas secara online jauh sebelum acara berlangsung,” kata Sammy dalam rilis resmi, dikutip Jumat (3/6).

Dia menyampaikan harapannya akan Formula E yang bisa meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya kaum muda, akan pentingnya beralih ke kendaraan ramah lingkungan.

“Partisipasi Goers pada perhelatan ini memperteguh komitmen kami untuk terus mendigitalisasi kegiatan event dan pariwisata di Indonesia,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sammy turut menyampaikan bahwa tiket kategori Ancol Festival, dengan penonton menyaksikan balapan dari layar di luar sirkuit, masih tersedia.

Goers merupakan perusahaan rintisan penyedia direktori untuk pencarian tiket acara, atraksi, dan tujuan wisata rekreasi, demikian laman Daily Social. Pengguna aplikasinya diklaim telah mencapai 1,5 juta. Startup ini didukung oleh sejumlah investor seperti Mahaka Media, MDI Ventures, dan Prasetia Dwidarma.

Skema penukaran tiket

E-ticket exchange Goers untuk Jakarta E-Prix 2022. Dok/Goers.

Komite penyelenggara Formula E menyebutkan tiket Jakarta E-Prix 2022 sudah habis terjual terutama untuk kategori sirkuit. Saat ini, masih tersisa tiket Ancol Festival dengan harga Rp250 ribu. “Tapi itu (tiket ancol Festival) sudah very low,” kata Vice Managing Director Formula E, Gunung Kartiko, di Ancol, Jakarta Utara, Rabu (1/6), seperti dikutip dari Antara

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pun mengatakan situasi tersebut menunjukkan antusiame serta sambutan positif masyarakat.

Di sisi lain, Goers, selaku mitra tiket resmi, menyarankan pengunjung untuk melakukan penukaran tiket sebelum hari H demi pengalaman menonton yang lebih nyaman. Penukaran tiket ini telah dibuka sejak Rabu (1/6) dan dapat dilakukan di area Jakarta International Velodrome Rawamangun, Taman Ismail Marzuki, dan Jakarta Thamrin City.

Penukaran tiket pada Sabtu (4/6) hanya akan dilayani di Arena Jakarta International Expo (JIEXPO). Pengunjung dengan tiket diminta menyiapkan identitas diri berupa KTP, paspor atau SIM. Namun, penukaran ini tidak berlaku untuk kategori Ancol Festival dan kategori Jakarta Royal Suite 1A.

Saat penukaran tiket, petugas akan melakukan pemindaian pada e-ticket dengan Goers Ticket Scanner untuk mendapat tiket fisik berkode unik. Pada hari H di pintu masuk maupun area sirkuit, petugas akan mengecek tiket fisik Formula E untuk validasi lanjutan.

“Untuk menghindari kerumunan penonton di pintu masuk sirkuit, Goers mempersiapkan sejumlah teknologi crowd control. Hal ini terbukti lebih cepat dan efektif dalam mengurai antrian di pintu masuk. Selain itu, teknologi kami juga mampu menjaga ketepatan penonton di area yang sesuai dengan kategori tiket yang dibeli agar penonton dapat lebih disiplin,” ujarnya.

Related Topics

Related Articles