Comscore Tracker
TECH

AirAsia Rilis Layanan Dompet Digital, Akan Segera Hadir di Indonesia

AirAsia Pocket jadi bagian dari ekosistem superapp.

AirAsia Rilis Layanan Dompet Digital, Akan Segera Hadir di IndonesiaShutterstock/NYC Russ

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE – Maskapai penerbangan AirAsia Group resmi merilis layanan dompet digital bernama AirAsia Pocket. Nantinya, layanan tersebut akan tersedia di aplikasi super (superapp) perusahaan penerbangan tersebut.

Dikutip dari laman lowyat.net, Selasa (21/6), layanan dompet digital AirAsia ini tersedia secara perdana di Malaysia. AirAsia Super App telah melakukan uji coba AirAsia Pocket selama tiga bulan, sebelum akhirnya merilis layanan tersebut pekan lalu.

CEO AirAsia Super App, Amando Woo, mengatakan perusahaan berambisi untuk meluncurkan layanan dompet digital tersebut ke pasar Asia Tenggara lain. Di Thailand, misalnya, fitur ini diharapkan akan tersedia pada kuartal keempat tahun ini. Sedangkan, di Indonesia akan tersedia mulai tahun depan, dan di Filipina pada akhir 2023.

Chief Fintech Officer AirAsia Super App, Mohamad Hafidz Mohd Fadzil, menyatakan AirAsia Pocket telah digunakan oleh sekitar 31 ribu pengguna hanya dalam waktu tiga hari usai dirilis di Malaysia.

Maskapai penerbangan AirAsia belakangan melakukan perluasan bisnis dengan merambah layanan keuangan. Perusahaan yang telah berganti nama menjadi Capital A ini pada Maret menghadirkan AirAsia Money, layanan keuangan yang menjadi bagian dari ekosistem aplikasi super perusahaan.

AirAsia Money perdana rilis di Malaysia tahun lalu, dan lantas meluncurkan AirAsia Money di Indonesia. AirAsia Money merupakan lokapasar produk keuangan yang menawarkan solusi terjangkau, dari asuransi, investasi, pengiriman uang, dan penggalangan dana sosial.

Fitur utama

Ilustrasi AirAsia

Fokus AirAsia Pocket adalah memberikan pengalaman pembayaran yang sederhana dan lancar untuk pengguna aplikasi, kata Hafidz, yang kemungkinan akan terintegrasi dengan FACES, fitur teknologi pengenalan wajah. Sebelumnya, fitur face recognition tersebut telah tersedia di aplikasi untuk membantu pengguna dalam memesan layanan penerbangan maupun gaya hidup.

Menurutnya, AirAsia Pocket memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran semua produk dan layanan di aplikasi, termasuk pemesanan tiket pesawat dan hotel, serta pembayaran makanan.

Setelah melakukan aktiviasi, pengguna e-wallet ini akan dapat memperoleh poin. Itu belum termasuk diskon tambahan 10 persen untuk semua pemesanan penerbangan AirAsia dan 10x poin AirAsia untuk setiap pemesanan makanan di akhir pekan.

Saat ini layanan tersebut tersedia untuk semua pengguna AirAsia Super App di Malaysia dengan mata uang Ringgit. Fitur dompet digital itu dikembangkan oleh Fass Payment Solutions Sdn Bhd (Fasspay), pemain e-wallet terkemuka, dan penyedia e-money yang disetujui oleh Bank Negara Malaysia.

"Seiring fintech dan neobank terus membentuk kembali lanskap keuangan di Malaysia dan di seluruh Asia Tenggara, AirAsia Super App terus menjadi pengganggu industri dan memperluas layanan fintech-nya dengan meluncurkan AirAsia Pocket,” ujarnya dalam keterangan resmi.

AirAsia secara umum tengah membesarkan aplikasi supernya. Maskapai ini sempat mengeklaim pelbagai produk dan layanan—termasuk 16 produk dan layanan di aplikasi super—telah diakses oleh lebih dari 700 juta orang di Asia Tenggara. Sebut saja, layanan penerbangan, kebutuhan gaya hidup sehari-hari, e-commerce, pengiriman makanan dan ride hailing.

Related Articles