Comscore Tracker
TECH

Demi Jadi Pemain Utama, Lamudi Caplok Bisnis Properti OLX

Lamudi menganggap Indonesia merupakan pasar prioritas.

Demi Jadi Pemain Utama, Lamudi Caplok Bisnis Properti OLXIlustrasi properti. (ShutterStock_sommart sombutwanitkul)

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE – Lamudi.co.id mengakuisisi bisnis properti OLX Indonesia demi memuluskan tekadnya menjadi pemain utama dalam industri properti Tanah Air.

Mart Polman, CEO platform real estat online itu, dalam keterangan resminya (11/1) menyatakan akuisisi tersebut meliputi seluruh penjualan properti di OLX yang telah berjalan.

Lamudi.co.id kini memiliki lebih dari 4,5 juta unique visitors, 600 ribu listing baru setiap bulannya, dan menghasilkan minat pembelian lebih dari 2 juta yang akan memastikan tingginya visibilitas dari listing para penjual,” katanya.

Indonesia pasar prioritas

Lamudi.co.id muncul di Indonesia pada Februari 2014 dan hingga kini telah mempekerjakan lebih dari 700 orang. Situs tersebut menghadirkan layanan menyeluruh dalam pencarian properti untuk setiap penggunannya, dan menjadi sebuah platform penghubung antara pencari properti dan pengembang secara daring. 

Lamudi group merupakan bagian dari perusahaan induk Emerging Markets Property Group (EMPG) yang berbasis di Uni Emirat Arab (UEA). EMPG pada 2020 berstatus unicorn melalui aset dari OLX Group di Timur Tengah dan Pakistan serta suntikan dana dari OLX Group.

Kian Moini, pendiri Lamudi, mengatakan Indonesia merupakan pasar prioritas untuk EMPG berkat sejumlah hal: tingginya tingkat kepercayaan terhadap potensi pasar properti Indonesia dan prospek pertumbuhan ekonomi.

Memperkuat pencarian properti

CEO OLX Group Indonesia, Johnny Widodo, mengatakan bergabungnya bisnis properti OLX dengan Lamudi.co,id akan memperkuat akses bagi kandidat pembeli properti di Indonesia.

Menurutnya, semua antarmuka dan operasi akan berjalan seperti biasanya tanpa perubahan, termasuk bisnis lain yang masih berada di bawah OLX Indonesia.

Dalam pemberitahuan di situsnya, OLX menyampaikan bahwa sejak 31 Desember 2021 layanan kategori propertinya akan dioperasikan oleh PT Lamudi Classfields Indonesia. OLX pun mengatakan akan membagikan data akun pengguna dengan Lamudi.co.id. Jika pengguna tidak berkenan dan menyetujui syarat dan ketentuan privasi data tersebut, dapat menghapus akun paling lambat 18 Januari 2022.

Pemain teknologi properti (PropTech) di Indonesia

Berdasarkan data dari Daily Social, Indonesia tercatat memiliki sejumlah PropTech. Berikut daftarnya:

  1. Travelio.com (penyewaan rumah tinggal dan apartemen)
  2. 99.com
  3. Rumah.com
  4. Rumah123.com
  5. Property Inside (berita properti)
  6. PropertiAnda.com
  7. Close Buy
  8. Gradana
  9. Space Stock
  10. Cicil Sewa
  11. Mamikos (pencarian kost)
  12. Rumahku.com
  13. Yuk Stay (penyewaan apartemen dan indekos)
  14. Flogq
  15. Jendela 360
  16. Rukita

Jones Lang LaSalle, perusahaan real estat komersial global, dalam risetnya pada 2020 menyebutkan bahwa jumlah pendanaan yang melibatkan proptech Asia Pasifik memuncak hingga US$1 miliar atau sekitar Rp14,25 triliun pada 2018. Namun, setahun kemudian angkanya turun menjadi US$625,9 juta.

Jordan Kostelac, direktur proptech JLL Asia Pasifik, mengatakan angka-angka tersebut hanya menunjukkan minat dari perusahaan modal ventura (venture company/VC), dan kurang mencerminkan apa yang sebenarnya terjadi di industri.

“Kami melihat bahwa minat terhadap proptech di Asia Pasifik terus tumbuh, dengan pemain tradisional mengambil pendekatan strategis dan terintegrasi dengan start-up alih-alih rute investasi VC,” ujarnya.

Dia menambahkan, adopsi teknologi oleh perusahaan dalam industri real estat terutama di Asia Pasifik berlangsung cepat menyusul dinamisnya pasar. 

Related Articles