Comscore Tracker
TECH

Dukung Transformasi Digital, Nokia Siapkan 6 Teknologi 5G Untuk RI

Nokia mengeklaim teknologinya ramah lingkungan.

Dukung Transformasi Digital, Nokia Siapkan 6 Teknologi 5G Untuk RIMarkas besar Nokia di Finlandia. Shutterstock/RistoH

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE – Nokia menyampaikan komitmennya untuk mendukung agenda transformasi digital Indonesia melalui sejumlah teknologi penunjang jaringan 5G. Perusahaan teknologi asal Finlandia ini memperkenalkan teknologi tersebut di Mobile World Congress (MWC) Revisited 2022 Indonesia.

"Dengan luas wilayah dan potensi yang belum maksimal di berbagai bidang sosial ekonomi, Indonesia akan memainkan peran utama dalam transformasi digital Asia-Pasifik. Oleh karena itu, sudah sewajarnya Nokia menjadikan Indonesia sebagai tempat MWC Revisited 2022 ,” ujar KP Goh, President Director Nokia Indonesia, dalam keterangan kepada media, dikutip Jumat (3/6).

Nokia memamerkan pelbagai inovasi, produk, dan teknologi terbarunya untuk menghubungkan ratusan juta orang, dan mendorong manfaat sosial ekonomi, kata KP Goh. Sejumlah teknologi yang diperkenalkan memungkinkan pula para penyedia layanan komunikasi (communication service provider/CSP) atau perusahaan dalam mengadopsi 5G.

Baik aplikasi maupun solusi teknologi tersebut diklaim dapat memberikan kinerja 5G yang tanpa gangguan untuk jaringan perkotaan, pedesaan, dan sistem jaringan internal. Teknologi sama memungkinkan implementasi prinsip keberlanjutan dengan sanggup mengurangi emisi CO2 serta biaya energi rendah.

Berikut sejumlah solusi teknologi 5G dari Nokia.

1. Liquid Cooled AirScale

Nokia menyediakan teknologi Liquid Cooling Radio yang memungkinkan jaringan radio lebih berkelanjutan serta hemat biaya, dengan pengurangan energi yang dibutuhkan untuk melakukan pendinginan base station agar emisi CO2 turun hingga 80 persen.

2. FP5 Router

FP5 Router merupakan bagian terpenting dari platform routing layanan IP Nokia. Teknologi ini memungkinkan penyedia layanan untuk memenuhi banyaknya permintaan peningkatan kapasitas jaringan, layanan IP kecepatan baru yang lebih tinggi, dan memberikan perlindungan terhadap meningkatnya ancaman keamanan jaringan.

3. 5G Massive MIMO Antenna

Teknologi tersebut memungkinkan teknik beamforming sebagai solusi transmisi yang optimal, meliputi semua skenario transmisi, dari perkotaan yang padat, sampai cakupan area yang luas.

4. mmWave 5G Antenna

Nokia milimeter Wave (mmWave) diklaim sebagai kunci untuk memberikan kinerja canggih terkait 5G. mmWave memiliki bandwidth tertinggi dari semua pita spektrum untuk 5G. Itu untuk memberikan kapasitas tertinggi dan pengalaman pengguna terbaik.

5. 5G Fixed Wireless Access (FWA)

FWA memungkinkan pelanggan dapat menggunakan layanan internet nirkabel dengan kualitas setara layanan internet kabel optik, saat tersambung dengan spektrum seluler di mana pun layanan tersebut tersedia.

6. Enterprise 5G Private Wireless

Solusi end-to-end nirkabel pribadi ini menawarkan fleksibilitas yang diperlukan perusahaan dan kemudahan penggunaan untuk beradaptasi dengan berbagai kebutuhan segmen industri. Teknologi ini disebut dapat mendukung digitalisasi industri 4.0.

Related Articles